kanal partai gerindra

MAHFUD MD : Parpol Belum Mencetak Calon Pemimpin Harapan Rakyat

Partai politik (parpol) di Indonesia belum introspeksi diri, khususnya dalam mencetak calon pemimpin. Padahal dengan dibukanya jalur independen dalam pilkada oleh Mahkamah Konstitusi (MK), parpol sepatutnya berbenah diri untuk menghadirkan pemimpin yang sesuai aspirasi rakyat.

Ketua Pembina MMD Initiative yang juga mantan Ketua MK Mahfud MD mengatakan, dibukanya jalur independen oleh MK tidak berangkat dari semangat deparpolisasi, melainkan membuka pintu bagi rakyat yang ingin mengajukan calon sendiri lantaran parpol tak mampu menghadirkan figur tepat.

“Dulu MK memutuskan untuk dibuka jalur independen, maka UU No 32 tentang Pemerintah Daerah direvisi menjadi UU No 12/2008. Lalu banyak parpol terpukul. Itu bagus agar parpol introspeksi,” kata Mahfud saat membuka diskusi bertema “Jalur Perseorangan: Penguatan Demokrasi atau Deparpolisasi” di Kantor MMD Initiative, Jakarta, Rabu (30/3).

Hadir sebagai pembicara dalam diskusi tersebut Wakil Ketua DPR Fadli Zon, pengamat politik Siti Zuhro, peneliti Cyrusnetwork Hasan Nasbi. Turut hadir sebagai peserta diskusi antara lain, Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal, dan mantan anggota BPK yang juga mantan anggota DPR Ali Masykur Musa.

Menurutnya, banyak orang hebat yang layak maju dalam pilkada, namun terkendala aturan di internal parpol seperti mahar politik, kendati banyak parpol membantahnya.
Mahfud mengatakan, dalam demokrasi keberadaan parpol dan DPR adalah keniscayaan. Bahkan tidak boleh ada suara-suara yang menuntut pembubaran parpol, apalagi DPR.

Namun bukan berarti memperkuat parpol dengan cara menutup jalur independen. Calon independen maupun calon yang diusung parpol sama-sama memiliki peluang untuk menang dalam pilkada.

Maka, tidak pantas jika parpol menunjukan kesan tak berdaya menghadapi calon independen.

“Tidak boleh ada teriakan bubarkan parpol, DPR, itu omong kosong semua karena parpol dan DPR adalah keniscayaan dalam demokrasi namun, diperlukan juga pintu lain untuk rakyat mengorganisasi diri dan memunculkan calon,” ujarnya. (puji/bs)

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Komentar telah ditutup.

leo. libero. Donec mattis odio vel, ut commodo ante. mi,