Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Dua Gerbong Trainset Skytrain Tanpa Awak Terminal 3 Tunggu Ujicoba

0 46

BANDARA,PenaMerdeka – Dua gerbong Trainset Skytrain yang sudah berada di kawasan Bandara Soekarno Hatta adalah awal dari realisasi rencana kereta moderen yang menggunakan teknologi Automed People Mover System (APMS).

Moda transportasi antar terminal kereta tanpa pengemudi (driverless) memang telah tiba di Bandara. Ada dua gerbong yang dikirim dari Ichone, Korea Selatan dan tiba sejak 23 Mei 2017 lalu.

Kereta tanpa awak yang kini dikabarkan sudah dipasang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta itu menurut Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi, karena perangkat gerbong trainset skytrain sudah ada kini tinggal menunggu hal lainnya supaya segera diuji coba. Nantinya, kecepatan operasi Skytrain dapat mencapai 60 kilo meter per jam.

Satu trainset terdiri dari dua gerbong kereta dengan kapasitas total 176 orang. “Karena bentuknya yang sangat besar, waktu pengangkutan ke Cengkareng diambil tengah malam sekitar pukul 1 dinihari,” kata Agus.

Seperti diketahui, nilai investasi Skytrain ini mencapai Rp 950 miliar yang terdiri dari investasi pengadaan gerbong trainset skytrain dan investasi pembangunan infrastruktur.

Pengadaan trainset Skytrain beserta teknologi di dalamnya disiapkan oleh PT LEN Industri (Persero) dan Woojin asal Korsel, dengan nilai investasi yang dikeluarkan PT Angkasa Pura II (Persero) sebesar Rp 530 miliar.

Untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalur dan terminal masuk gerbong trainset Skytrain, PT Angkasa Pura II (Persero) berinvestasi sebesar Rp 420 miliar. Pembangunannya sendiri dilakukan oleh KSO antara PT Wijaya Karya Tbk. dan PT Indulexco. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...