Dinsos Banten Investigasi Modus Anjal Pengemis Bulan Ramadhan

0

investigasi modus anjal banten

BANTEN,PenaMerdeka – Investigasi modus Anjal dan pengemis menurut pihak Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten harus diketahui sebelum diambil langkah pembinaan. Kepala Dinsos Banten Nurhana membenarkan soal banyaknya Anjal yang berkeliaran di bulan Ramadhan.

Pada bulan Maret 2017 saja, Dinsos Banten mencatat ada sebanyak 889 Anjal. Sebagian besar mereka mengamen di pinggir jalan. Jumlah itu tersebar di delapan kabupaten dan kota Banten.

Mayoritas mereka memilih hidup di jalan dengan alasan desakan ekonomi. Tetapi menurutnya jumlahnya akan bertambah signifikan jika sudah memasuki bulan Ramadhan. Untuk lebih detail mengetahui latar belakangnya maka perlu melakukan investigasi modus Anjal dan pengemis tersebut.

Kata Nurhana pihaknya akan mencari tahu latar belakang soal banyaknya anak jalanan (Anjal) yang menadah minta minta di sejumlah titik lampu merah dan jalan protokol yang ada di Banten.

“Karena biasanya Anjal itu datang dari bermacam-macam persoalan, jadi kita perlu investigasi modus Anjal lantaran ada yang memang sengaja dipekerjakan dan ada yang hanya iseng saja. Tapi yang lebih dikhawatirkan Anjal yang disuruh keluarganya lantaran kekurangan biaya hidup,” ujarnya saat dikonfirmasi PenaMerdeka.com, Minggu (4/6).

Ia melanjutkan, jika hal tersebut terjadi maka akan ada langkah pembinaan, yang dilakukan pertama harus dimulai dari keluarga, sebelum bersentuhan langsung dengan anak tersebut.

“Kayaknya misalkan datang dari keluarga yang kurang mampu, nah kita coba beri arahan sebelum diberikan program penunjang, kita harus mencari tahu atau investigasi modus Anjal yang beredar di jalan,” ucapnya menegaskan.

Nanti kita rehabilitasi tidak hanya untuk Anjal tetapi program pembinaan kepada pengemis yang setiap hari terlihat juga akan diberikan. Sekarang sebenernya sudah ada Balai Rehabilitasi atau rumah singgah tetapi itu belum spesifik. Masih umum balai ini merupakan untuk pemulihan dan pengembangan saja. (RA)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.