Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Takbir Keliling Gunakan Pick-up, Hati-hati bakal Ditindak Polisi

0 91

takbir keliling malam

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka — Polres Metro Tangerang Kota menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang supaya kebiasaan gelaran takbir keliling turun ke jalan yang kerap dilaksanakan masyarakat saat setiap malam Idul Fitri agar dilaksanakan di masjid wilayah masing masing masing.

Diketahui bahwa pada Jumat (16/6) Polrestro Tangerang Kota telah rapat koordinasi dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tangerang.

“Kami tidak melarang adanya kegiatan takbir keliling, tapi kita menghimbau agar kegiatan tersebut dapat dilakukan di sekitar masjid yang berada di sekitar tempat tinggal masyarakat saja, dengan berjalan kaki,” kata Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Erwin Kurniawan saat ditemui di aula Polrestro Tangerang Kota usai kegiatan rapat koordinasi Forkopimda, Jumat (16/6/2017).

Erwin menambahkan, usulannya itu telah mendapat persetujuan oleh Asisten Daerah 1 (Asda 1) Kota Tangerang, kepala MUI Kota Tangerang, dan kepala Kemenag Kota Tangerang.

“MUI kota menyetujui hal ini, beliau akan membuat surat himbauan untuk disebarkan di MUI Kecamatan. Lalu MUI Kecamatan dapat melanjutkan himbauan takbir keliling tersebut ke masyarakat,” ujarnya.

Pasalnya akan lebih efektif kalau masyarakat menggelar kegiatannya itu dengan berjalan kaki dengan memegang api obor. Ia beraladan jika masyarakat menggunakan mobil pick up pawai turun ke jalan raya itu akan beresiko kecelakaan lalulintas.

“Peserta takbir keliling biasanya menggunakan mobil pick up dan kebanyakan yang menaiki anak kecil, kadang orangtua lengah dalam pengawasan, sehingga dapat menimbulkan kecelakaan seperti jatuh pawai,” terangnya.

Lanjut Wakapolres, apabila didapati mobil pick up yang mengangkut peserta pada malam takbir maka akan diberikan tindakan tegas.

“Mobil pick up tidak untuk mengangkut orang, jadi jelas itu melanggar. Jika ada mobil yang mengangkut peserta takbir keliling kami akan tindak dengan memberi surat tilang kepada sopir mobil pick up tersebut,” pungkasnya. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...