Zulfikar Demokrat

Mulai Tahun Depan, Pensiunan PNS Akan Dapat THR

0

Menkeu akan bayar THR Pensiunan PNS

JAKARTA, PenaMerdeka – Kementeri Keuangan menyatakan Untuk tahun 2018 pemerintah tidak akan menaikan gaji pokok pegawai negeri sipil ( PNS). Akan tetapi, pemerintah akan memberikan insentif berupa tunjangan hari raya (THR) kepada PNS aktif maupun pensiunan PNS.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada konferensi pers Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Rabu (16/8/2017).

“Tahun depan gaji pokok tidak naik, tapi kami mengantisipasi program pensiun kita untuk diperbaiki,” kata Sri Mulyani, seperti dikutip dari laman Kompas.

Dengan demikian, lanjut Sri Mulyani, PNS akan tetap menerima gaji ke-13 dan THR seperti yang telah diberikan dalam dua tahun kebelakang. Sementara dalam beberapa tahun terakhir, pensiunan PNS hanya terima gaji ke-13.

Selain itu Menteri juga memastikan, pemerintah akan menaikkan uang lauk pauk untuk anggota TNI dan Polri. Wanita yang pernah bekerja untuk Bank Dunia ini menambahkan, rencananya kenaikan uang lauk pauk itu naik sebesar Rp 5.000 menjadi Rp 60.000 dari semula sebesar Rp 55.000.

Dikesempatan yang sama, Direktur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Kunta WD Nugraha menjelaskan, pemberian THR bagi pensiunan PNS dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan para pensiunan pegawai negeri sipil.

“Memang meningkatkan kesejahteraan melalui THR. Jadi pada saat lebaran mereka juga menikmati, dengan mendapatkan THR,” kata Kunta menjelaskan.

Kunta menyebutkan, insentif diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pensiunan PNS.

Sedangkan terkait rincian alokasi yang disiapkan pemerintah untuk menyalurkan gaji ke-13 dan THR, Kunta masih enggan untuk mengungkapkan. Dalam RAPBN 2018, pemerintah menetapkan belanja dari pusat sebesar Rp 1.443,3 triliun.

Anggaran belanja kementerian dan lembaga dipatok Rp 814 triliun dan untuk non kementerian anggaran belanja sebesar Rp 629,2 triliun.

Rencananya anggaran belanja pemerintah pusat pun akan diarahkan untuk peningkatan reformasi dan birokrasi di pemerintahan. Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. (penamas/dbs)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

dictum dolor. facilisis quis ipsum ut Praesent elit. elit. efficitur.