Hal Penting Sebelum Mengonsumsi Mie Instan

JAKARTA,PenaMerdeka – Mie instan kerap menjadi alternatif dikala kita sedang sibuk. Makanan ini dipilih, karena rasanya yang lezat dan gampang dibuat. Tak heran jika makanan ini membuat banyak orang menjadi kecanduan. Nahas,di balik kelezatan tersebut makanan ini dinilai tidak sehat.

Dikutip dari Life Hacks, satu bungkus mie instan mengandung kalori yang relatif rendahyakni 142 kalori per 100 gram. Namun, bumbunnya yang membuat makanan tersebut menjadi nikmat memiliki kandungan garam dan bahan lain yang membahayakan kesehatan.

Lebih dari itu, makanan satu ini juga mengandung kimia berupa butylated hydroxyanisole (BHA) dan t-butylhydroquinone (TBHQ). Kandungan ini bersifat karsinogenik yang dimanfaatkan sebagai pengawet agar makanan ini dapat disimpan selama berbulan-bulan.

Saat mengonsumsinnya, makanan ini akan diberi tekanan pada sistem pencernaan untuk memecahnya. Tanpa disadari kondisi ini dapat mengganggu kadar gula darah dan pelepasan insulin jika dicerna terlalu cepat. Akibatnya, konsumsi bisa berisiko menyebabkan diabetes.

Makanan cepat saji ini juga punya kandungan garam dengan jumlah tinggi yang bisa memicu masalah kesehatan. Penelitian menyebut yang diterbitkan di dalam American Journal of Hypertension 2014 menuturkan, bahwa mengonsumsi natrium dalam jumlah besar dapat menjadi faktor utama kematian pada 23 studi kasus.

Kelebihan natrium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang berujung pada penyakit jantung. Sementara itu, kandungan MSG pada mie instan dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Hal itu diungkap melewati data kesehatan dan gizi yang ditabung Survei Kesehatan dan Nutrisi China. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang