Tragedi Muslim Rohingya, DPR Segera Ambil Tindakan

0 43

JAKARTA,PenaMerdeka – Tragedi pembantaian muslim Rohingya yang terjadi di Myanmar menjadi perhatian banyak pihak mana pun berada. DPR pun akan membahas persoalan tersebut dalam waktu dekat.

“Pertama tama diawali dengan memanggil duta besar (Dubes) Indonesia untuk Myanmar (Ito Sumardi Djunisanyoto, red),” ujar Lukman Edy Anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/9).

Lalu, meminta pendapat dari sejumlah saksi dari masyarakat, organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam dan Badan Intelijen Negara (BIN) agar mendapat gambaran dengan jelas tentang tragedi muslim Rohingya itu.

“Selanjutnya, menurut fakta-fakta tersebut DPR akan segera mengeluarkan sikap DPR RI dan memaksa pemerintah agar menggerakan langkah-langkah strategis dan responsif,” tandas wakil ketua komisi II DPR ini.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB ini pun melalui Indonesia meminta kepada ASEAN agar mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan ASEAN. “Sekaligus menerapkan sanksi politik, ekonomi bahkan operasi militer sekalipun,” tuturnya.

Hal demikian pula, apabila Pemerintah Myanmar terbukti membiarkan dan memasabodohi kasus muslim Rohingya ini, dan bahkan militer Myanmar sebagai pelaku kejahatan kemanusiaan dalam bentuk genosida seperti ini. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli