Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ingat !!, Akhir Oktober Pengguna Jalan Tol Mesti Gunakan Uang Elektronik

0

uang elektronik pengguna tol

JAKARTA,PenaMerdeka – Pada 31 Oktober 2017 nanti dipastikan seluruh masyarakat pengguna jalan tol Indonesia sepenuhnya menggunakan uang elektronik. Kepastian itu sudah diingatkan Bank Indonesia (BI).

Pasalnya menurut siaran pers yang secara resmi dikeluarkan BI kedepan dapat mempermudahkan pengguna jalan tol supaya bisa mempercepat proses transaksi saat akan melintas di jalan bebas hambatan tersebut.

“Proses pembayaran dengan uang elektronik di jalan tol masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan lebih nyaman,” tulis BI dalam keterangan resminya, Senin (11/9/2017).

BI sebagai otoritas sistem pembayaran terus berkoordinasi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) sebagai otoritas jalan tol serta Kementerian Perhubungan sebagai otoritas transportasi.

Koordinasi untuk mempersiapkan implementasi elektronifikasi pembayaran jalan tol.

Sebagai bagian penerapan elektronifikasi tol 100 persen pada bulan Oktober 2017, akan diterbitkan regulasi yang mewajibkan transaksi non tunai di jalan tol. Regulasi pembayaran uang elektronik akan diterbitkan dalam bentuk Peraturan Menteri PUPR.

Selain itu, BI terus bekerja erat bersama perbankan dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam melakukan kampanye dan edukasi bagi masyarakat, untuk membangun pemahaman mengenai perubahan cara membayar dengan pembayaran elektronik di jalan tol.

“Sejalan dengan itu, guna memudahkan masyarakat memperoleh uang tersebut, akan dilakukan penjualan kartu E-Toll di gardu tol, serta penambahan lokasi pengisian ulang (top up) uang elektronik,” ujar bank sentral.

Kebijakan yang dikeluarkan akan mempersempit atau mengantisipasi timbulnya antrian kemacetan di gerbang tol. Namun demikian masyarakat diimbau untuk mempersiapkan dan mengecek saldo sebelum melakukan perjalanan di jalan tol.

Selain itu, saat ini telah dijalankan program diskon bertransaksi nontunai di jalan tol untuk semakin menarik minat masyarakat bertransaksi secara nontunai.

Program diskon tersebut meliputi diskon biaya pembelian kartu uang elektronik dan diskon tarif tol (untuk ruas dan jangka waktu tertentu) sejak tanggal 17 Agustus 2017 hingga 30 September 2017. (hisyam/dbs)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

quis dolor. Donec ipsum ut lectus ut eget ut commodo libero