KPU dan Kejari Teken MOU Pengawasan Hukum Pilkada Kota Tangerang 2018

Pengawasan Hukum Pilkada Kota Tangerang 2018

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang melakukan kerjasama pengawasan hukum Pilkada Kota Tangerang 2018. Selain dengan Kejari, KPU Kota Tangerang terkait dengan data pemilih juga melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) berlangsung di Days Hotel & Suite, Jumat (22/09).

Sanusi Pane Ketua KPU Kota Tangerang mengatakan, bahwa dalam kerjasama ini Kejaksaan bertugas sebagai pengacara negara. Kedepan dapat membantu KPU dalam permasalahan hukum. Soal pengawasan hukum Pilkada yang dimaksud adalah jika ditemukan pelanggaran saat perhelatan Pilkada berlangsung.

Terkait kerjasama dengan pihak Disdukcapil sendiri terang Pane menjelaskan, KPU dapat dengan mudah mengakses data kependudukan dari pemerintah.

“Dengan data yang valid sehingga bisa meminimalisir persoalan data pemilih,” jelas Pane.

Sementara itu, Edyward Kaban Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang mengatakan, setelah diberi kuasa khusus dari lembaga pemerintah. Dirinya mengaku siap untuk mendukung dalam pengawasan hukum Pilkada Kota Tangerang rampung.

Dalam hal ini tambah Edyward, pihaknya tidak hanya menyoroti penggunaan anggarannya saja. Namun, juga akan mendampingi KPU dan Disdukcapil apabila ada gugatan dari pendukung atau peserta Pilkada nanti.

“Dana hibah dari pemerintah yang diberikan ke KPU cukup besar. Kami sendiri tidak ingin pengeluaran dana pemerintah yang digunakan KPU dalam pelaksanaan perhelatan pilkada itu tidak dapat di pertanggung jawabkan. Maka itu harus ada sinergis dalam pengawasan hukum Pilkada Kota Tangerang,” tandasnya. (herman)

Disarankan
Click To Comments