Pena Merdeka
Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Penggusuran Bangunan Liar Situ Cilongok Alot, Pemilik Minta Ganti Rugi

0

Penggusuran Bangunan Liar di Situ Cilongok

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Kendati berdiri di atas lahan pemerintah, salah seorang pemilik bangunan liar yang berada di Situ Cilongok, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang menolak digusur. Penggusuran bangunan liar tersebut akhirnya harus melibatkan unsur Muspika setempat.

Menurut Nasution, pemilik bangunan liar saat upaya mediasi tetap meminta keadilan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Seperti diketahui bahwa Nasution adalah warga Kelurahan Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis sejatinya mengakui bahwa bangunan miliknya memang di atas tanah PU Bina Marga. Namun kata dia tetap menolak penggusuran bangunan liar miliknya.

“Kami tidak menolak adanya normalisasi Situ Cilongok dan penggusuran. Namun semestinya Pemkab Tangerang berbuat adil. Harus membongkar juga sejumlah pabrik yang menempati tanah milik PU yang luasnya 3 hektar tersebut,” ujarnya

Sementara itu, Nawawi, Camat Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang menyebut penggusuran bangunan liar adalah tindak lanjut menjalankan program normalisasi Situ Cilongok yang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu.

Dan pengerjaannya sendiri kata Camat bekerjasama dengan bantuan TNI. Untuk pengerjaan tahap awal normalisasi dari TNI sendiri telah mengerjakan 5 hektar. Kemudian untuk tahap ke-2 dengan cakupan 10 hektar akan menormalisasi dengan kedalaman 4 meter Situ Cilongok.

“Sebelumnya bangunan liar yang berada di Situ Cilongok berjumlah 60 rumah, tapi kini hanya tinggal 15 bangunan berupa ruko, kontrakan dan bengkel bubut. Pihak kecamatan untuk melakukan pembongkaran bangunan liar sudah melayangkan SP1 sampai SP3 terhadap 15 kepada pemilik bagunan. Harapannya supaya membongkar bangunannya sendiri,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (11/10/2017).

Sementara, Kasatpol PP Kabupaten Tangerang Yusup Hermawan menegaskan, dipastikan dari 11 hari sejak mediasi Trantib setempat dibantu Satpol PP Kabupaten Tangerang akan melakukan penggusuran bangunan liar secara paksa.

“Untuk itu para pemilik bangunan yang berada di Situ Cilongok segera membongkar sendiri bangunannya, sebab pemerintah sudah melakukan toleransi selama hampir 2 tahun,”tegasnya.

Dalam rapat mediasi penggusuran bangunan liar tersebut hadir Pasi Intel Kodim 0506/Tgr Kapten Inf A. H. Siregar, Camat Pasar Kemis, Kepala UPT PU Bina Marga, Danramil 16/Pasar Kemis Kapten CPM Djalaludin Putra, Kapolsek Pasar Kemis dan Lurah Sukamantri serta Warga Sukamantri. (sarinan)