Pesona Tebing Koja ‘Kandang Godzila’ Spot Eksotik di Tangerang

Tangerang,PenaMerdeka – Tebing Koja ‘Kandang Godzila’ menjadi tempat wisata yang sedang hits dikalangan para pecinta wisata khususnya para pecinta photografi. Pesona tebing koja menjadi salah satu destinasi berburu gambar di wilayah Tangerang.

Berada di area seluas 2 hektar, para wisatawan disajikan pemandangan yang eksotik, tebing-tebing batuan kapur yang menjulang tinggi membentuk relief-relief yang indah dipandang mata.

Selain batuan kapur yang menjulang, spot ini juga menyajikan pemandangan alam yang memanjakan mata karena terdapat hamparan tanaman padi dan ilalang yang tumbuh liar. Terdapat juga danau yang airnya berwarna hijau diantara tebing, ini memberikan kesejukan mata untuk terus memandang.

Nama Tebing Koja sendiri berasal dari nama kampung koja. Bertempat di kampung Koja Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten. Sedangkan Istilah ‘Kandang Godzila’ itu berasal dari salah satu tebing yang bentuknya menyerupai kepala godzila salah satu karakter monster dari jepang.

Tempat wisata yang baru ramai dikunjungi pada pertengahan tahun 2016 ini memang terjadi bukan secara alami. Pada mulanya pesona tebing koja tidak nampak sama sekali, sebelumnya area tersebut adalah sawah milik penduduk.

Sekitar tahun 2009 banyak mobil pengangkut pasir yang melintas maka sawah tersebut beralih fungsi menjadi penambangan pasir.

Eli salah satu keturunan pemilik tanah mengatakan, bukan satu kesengajaan pula tebing-tebing ini terbentuk “karena penggalian pasir dilakukan secara manual menggunakan cangkul, ketika tanahnya sulit dicangkul wargapun beralih ke tempat yang mudah dicangkul, alhasil terbentuklah tebing-tebing nan eksotis ini,” kata Eli yang juga membuka warung dikawasan wisata Tebing Koja Cisoka.

Tebing Koja dijadikan tempat wisata pada pertengahan tahun 2016, awal mulanya kata Eli menuturkan ada seorang photografer yang mengeksplor pesona tebing koja tersebut dan mengunggahnya dimedia sosial. Sejak saat itulah pengunjung ramai berdatangan, tak hanya dari sekitar wilayah Tangerang, bahkan dari luar daerahpun banyak berdatangan.

Sementara itu untuk menuju lokasi Tebing Koja, pengunjung dengan kendaraan roda empat bisa melalui akses jalan Tol Jakarta-Merak kemudian keluar dipintu Tol Balaraja Barat, selanjutnya menuju Jalan Raya Serang kemudian menuju Jalan Cisoka-Solear.

Setelah menyusuri Jalan Raya Cisoka sekitar kurang dari 30 menit lama waktu perjalanan, kendaraan diarahkan masuk Pertigaan Pala.

Memang untuk pertama kali berkunjung terasa sedikit sulit untuk menuju Tebing Koja, karena belum terpasang papan nama Wisata Tebing Koja.

Namun, sekarang tak perlu khawatir lagi karena Tebing Koja sudah tercatat di Google Maps pengunjung dapat menggunakan aplikasipenujuk arah buatan google dari smartphone.

Sedangkan untuk dapat menikmati pesona tebing koja pengunjung dikenakan biaya terhitung cukup murah, dengan hanya membayar 8 ribu rupiah sudah termasuk tiket masuk dan parkiran, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama alam Tebing koja Solear.

Umumnya pengunjung yang datang ke lokasi Tebing ini tak hanya sekedar menghabiskan waktu dengan bersantai dan mencari gambar yang instagramable saja, namun banyak juga yang sengaja datang untuk mengabadikan momen berharga seperti melakukan photo Prewedding.

Destinasi wisata di Tangerang ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar, bila terjadi suatu hal buruk yang tidak diinginkan jangan berharap akan ada asuransi atau tanggung jawab dari pengelola.

Pantauan dilokasi saat ini masih belum tersedia pagar pengaman atau perlengkapan rescue, untuk itu pengunjung Tebing koja di Cisoka ini harus mawas diri dan berhati-hati menjaga diri. (penamas)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang