Percepat Relokasi, Pembangunan Pasar Barokah Ciledug Kota Tangerang Dikebut

0 64

Pembangunan Pasar Barokah Ciledug Kota Tangerang Dikebut

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Proses relokasi pedagang di Pasar Lembang ke Pasar Barokah, di Jalan Raden Fatah, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, sudah mencapai 80%. Dan proses pembangunan Pasar Barokah juga sudah mencapai 80 %.

Menurut staf pengelola Pasar Barokah yang berhasil ditemui mengaku secara pembangunan dan administrasi terus dikebut. Sebab proses relokasi sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, pembangunan Pasar Barokah yang sedang dalam proses nantinya akan ditempati eks pedagang Pasar Lembang. Sementara lokasi Pasar Lembang bakal digunakan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan SMP Negeri 28 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Lili, salah seorang staf pengelola Pasar Barokah bahwa pengerjaan pasar tersebut kini sudah mencapai 80 %.

Dan saat ini kendati proses pembangunan Pasar Barokah masih berjalan namun sudah ditempati lebih kurang 500 pedagang dari sekitar 700-an yang tercatat dari eks pedagang Pasar Lembang.

Disebutkan dengan luas sekitar 1,6 hektar namun lokasi pasar yang terletak di Kelurahan Sudimara Selatan, Ciledug, Kota Tangerang dan lokasinya bersebrangan langsung dengan Pasar Lembang diketahui yang hanya dibangun untuk pasar Barokah hanya sekitar 5400m2.

Sementara salah seorang pedagang yang enggan disebutkan namanya mengaku sudah merasa nyaman menempati lapak barunya.

“Pembangunan Pasar Barokah memang belum rampung. Tapi sekarang pas saya pindah kondisinya sudah nyaman lantaran lebih bersih. Karena tempat yang dahulu (Pasar Lembang), kalau hujan becek. Juga selain biaya sewanya terjangkau sekarang ini yang pasti ada perubahan mas,” katanya menjelaskan, Kamis (19/10/2017).

Ia berharap kalau nanti pembangunan pasar Barokah selesai dengan kondisi pengelolaan dari pengelola profesional maka pembeli bakal berduyun duyun datang ke lokasi pasar yang baru tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun jumlah kios yang sedang dibagun dan rampung total keseluruhan berjumlah 118 berukuran 2,5 x 3 m2. Dengan harga sewanya hanya Rp 20 juta untuk durasi 2 tahun.

Sementara pengelola juga dalam proses pembangunan Pasar Barokah ini rencananya kan menyediakan 709 lapak dengan dua pilihan ukuran yang berbeda kepada pedagang.

Saat ini, pantauan wartawan ratusan lapak yang berjumlah 6 blok dengan variable segmen kebutuhan masyarakat ada yang sudah ditempati dan ada dalam proses pembangunan.

Harga yang ditawarkan pengelola untuk lapak dengan ukuran 2×1,5 senilai Rp 3 juta pertahun. Sementara untuk ukuran 2×2 seharga Rp 4 juta untuk satu tahun.

Pihak pengelola berharap setelah pembangunan Pasar Barokah rampung masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas transaksi kebutuhan rumah tangga tersebut dengan baik.(deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...