Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bupati Serang Serahkan Bantuan Petani berupa AUTP dan 152 Alsintan

0

KABUPATEN SERANG, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menyerahkan bantuan petani secara simbolis polis dan klaim ganti rugi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di 17 Kecamatan di Kabupaten Serang.

Seperti diketahui bahwa penyerahan bantuan tersebut memang sengaja digelar bertepatan dengan kegiatan Gebyar Pertanian yang dilaksanakan di Lapangan Jongjing, Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang, Kamis (19/10/2017).

Nampak hadir dalam penyerahan secara langsung bantuan petani yakni Bupati Serang, Tatu Chasanah, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Muhsinin, Kepala Dinas Pertanian Dadang Hermawan.

Dalam kesempatan itu nampak hadir juga Kadisperindakop Kabupaten Serang Abdul Wahid, Pimpinan Jasindo, Pimpinan BRI Cabang Serang, Camat Tirtayasa, Pontang, Lebakwangi, Tanara, Kades se-Kecamatan Tanara dan masyarakat setempat.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan secara teknis, bantuan petani dalam bentuk AUTP diberikan pada peserta yang umur padinya sudah melewati 10 hari dengan intensitas kerusakan mencapai 75 persen.

Menurutnya, pada setiap luas petak alami, ganti rugi Rp.6.000.000 per hektare per musim panen.

Ia berharap, AUP mampu menjadi solusi sebagai daya saing usaha petani padi menjadi semakin baik. Kemudian, AUTP harus mampu melindungi petani dari resiko kerugian nilai ekonomi usaha tani akibat gagal panen.

Sehingga kata Tatu bantuan petani yang diberikan tersebut dapat memiliki modal kerja untuk penanaman berikutnya.

“Di samping itu, petani yang mengasuransikan tanaman padinya akan mencegah ketergantungan mereka terhadap tengkulak. Dengan demikian kesejahteraan bisa tercapai dan produktivitas pertanian akan meningkat, secara khusus diberikan sebesar 80 persen dari keseluruhan. Sehingga premi asuransi yang dibayar oleh petani hanya Rp. 36.000 atau 20 hektare per musim tanam,” katanya.

Ia menuturkan, sektor pertanian dan peternakan memegang peranan strategis, dalam pembangunan daerah maupun nasional.

“Perlindungan petani merupakan amanat yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani,” ujarnya.

Selain itu, pada kegiatan bantuan petani bupati memberikan mendukung bantuan Alsintan sebanyak 152 unit, terdiri dari Traktor roda 2 sebanyak 109 unit, Pompa air Niagara 4 Inch sebanyak 30 unit, Rice Transplanter (Alat Tanam Padi) sebanyak 8 unit, Alat Tanam Jagung dan Kedelai sebanyak 5 unit.

Alat terdebut, diserahkan kepada brigade Alsintan yang berada di 6 zona, yaitu: zona 1 di Kecamatan Jawilan,  zona II di Kecamatan Cikande, zona III di Kecamatan Tanara, zona IV di Kecamatan Kragilan, zona V di Kecamatan Pabuaran, zona VI di Kecamatan Gunung Sari.

“Maksud dan tujuan penyerahan bantuan petani dalam Alsintan ini untuk membantu para petani di wilayah Kabupaten Serang. Supaya hasil pertanian lebih meningkat,” tandasnya. (rhn)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Donec quis, libero mi, mattis Donec risus