Zulfikar Demokrat

Narsum di Unpam Tangsel, Gubernur Banten Ajak Pemuda Kuatkan Nilai Pancasila

0

Nilai Pancasila

TANGSEL,PenaMerdeka – Saat menyambangi Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangerang Selatan, Gubernur Banten Wahidin Halim mengajak para pemuda supaya menghargai nilai Pancasila.

Gubernur yang kerap disapa WH ini dalam kesempatan Seminar Nilai Pancasila sebagai Landasan Mempertahankan Nasionalisme bagi Generasi Milenial dan Patriotisme dihadapan ribuan mahasiswa, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya seminar tersebut.

“Saya harap kegiatan mempertahankan nilai pancasila kedepan supaya semakin menguatkan pemahaman tentang nilai nilai tersebut,” kata WH, Kamis (19/10/2017).

Kepada pemuda agar penghayatan khususnya mahasiswa bisa melakukan itu. Karena nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangat diperlukan

Kata WH melanjutkan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah 4 (empat) pilar konsensus nasional yang merupakan aset pemersatu bangsa dalam mempertahankan nasionalisme dan patriotisme untuk nilai Pancasila.

Nasionalisme bangsa Indonesia pada masa kolonial sudah selayaknya bangsa Indonesia berbangga dan berhati besar atas perjuangan di masa lampau.

“Ini menjadi fakta sejarah yang harus diketahui. Namun, fakta yang sekarang bahwa ada degradasi nasionalisme. Sekarang ini dirasakan, lantaran munculnya egoisme,” ucapnya.

Ditambah lagi persoalan itu juga karena hedonisme dan kapitalisme selayaknya dibenturkan dengan sejarah pada masa lampau.

“Saya juga mengharapkan akan tumbuh nasionalisme yang baru, bukan nasionalisme dalam arti sempit belaka karena nasionalisme memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Karena itu, hakikat nasionalisme Indonesia harus dirumuskan dengan kondisi yang sebenarnya, berdasarkan kepentingan, kebutuhan dan berbagai permasalannya tanpa harus kehilangan arti penting sejarahnya.

“Nasionalisme harus dibangun berdasarkan kepentingan yang konkrit, untuk hidup dan merasakan permasalahan bangsa dalam segala bidang yang langsung dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.

Mantan Walikota Tangerang dua periode ini menambahkan, dengan dibukanya kran reformasi di segala bidang, seharusnya menjadi satu spirit tumbuhnya nasionalisme, bukan malah meninggalkan rasa kebangsaan dengan menuntut hak tanpa batas.

“Kepada mahasiswa saya minta agar terus kembangkan potensi melalui segenap kreativitas dan inovasi. Manfaatkan sumber daya yang ada menjadi suatu produk bernilai manfaat,” pungkasnya. (yoyo)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

ut odio efficitur. ut nec leo