Kemendagri : Hari Ini 38 juta Kartu Prabayar Sudah Registrasi Ulang

Kartu Prabayar Sudah Registrasi Ulang

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan hari ini sudah ada 38 juta kartu prabayar (SIM card) yang melakukan registrasi ulang kartu. Registrasi ulang itu dilakukan untuk mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri, David Yama menjelaskan, saat ini antusiasme masyarakat saat melakukan registrasi ulang sangat lah tinggi.

Hal tersebut terbukti dengan jutaan masyarakat yang sudah melakukan registrasi ulang, dalam lima hari sejak diberlakukan pada 31 Oktober 2017.

“Antusiasme masyarakat saat melakukan registrasi kartu prabayar memang sudah sangat tinggi sekali. Sampai saat ini sudah ada 38 juta penduduk yang sudah melakukan akses NIK dan nomor KK untuk registrasi kartu prabayar masing-masing,” tandasnya di Jakarta, Sabtu (4/11/2017).

Menurut dia, para penggunaan data kependudukan seperti NIK dan nomor KK bukan hanya untuk no telepon genggam semata. Selama ini, sudah banyak sekali kegiatan yang menggunakan dokumen kependudukan untuk persyaratannya.

Dengan menggunakan data yang benar dan sesuai, untuk masalah kedepannya negara bisa lebih dalam untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembangunan dengan baik dan benar. Cara ini dapat dinilai agar meminimalisir kegiatan kejahatan dan penipuan mengenakan handphone.

“Banyak sekali upaya untuk melakikan penipuan bisa melalui SMS, telepon, hoax, hate speech yang tidak bisa dikontrol oleh para pengguna kartu prabayar. Ini yang ingin kita cegah sekali, Jika berbasis NIK dan lain-lain, semua bisa berjalan dengan baik sekali mungkinnya,” tambahnya. (redaksi)

Disarankan
Click To Comments