Jangan Hanya Ditingkat Menteri, Resuffle Sampai Dirjen dan Deputi

Posisi direktur jenderal (dirjen) dan deputi di kementerian dan lembaga negara juga ikut memengaruhi kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Karenanya, pengawasan harusnya tidak dilakukan Jokowi sebatas level menteri saja, tapi hingga ke level bawahan menteri masing-masing.

Direktur Eksekutif Prakarsa, Maftuhan mengingatkan buruknya birokrasi di kementerian dan lembaga negara ikut memengaruhi kinerja menterinya masing-masing. Dia meyakini, persoalan ini juga ikut memengaruhi keberhasilan program yang dicanangkan Presiden Jokowi.

“Kalau birokrasinya tidak benar akan menghambat kementerian atau lembaga tersebut untuk menjalankan tugas presiden itu sendiri,” ujar Maftuhan dalam acara diskusi bertajuk, Gaduh Partai Jelang Reshuffle Jilid II: Mau Ke Mana? ” ucapnya, Minggu (17/4).

Dia mencontohkan, jika Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sulit memberantas teroris bisa memengaruhi citra Presiden Jokowi. Maka itu, menurutnya reshuffle seharusnya tidak sampai level menteri saja, tapi hingga level dirjen dan deputi kementerian dan lembaga negara.

“Banyak posisi deputi dan dirjen yang tidak mengerti. Ini yang nantinya akan menghambat kinerja dari para menteri yang terkait,” ucapnya. (puji/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah