Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Januari 2018, RSUD Kota Serang Siap Beroperasi

RSUD Kota Serang Siap Beroperasi

KOTA SERANG,PenaMerdeka -Pihak Dinas Kesehatan Kota Serang mengklaim Gedung Rumah Sakit  Umum Daerah (RSUD) Kota Serang pasa Januari 2018 sudah dapat digunakan. Pengoperasian RSUD baru tersebut lantaran seluruh sarana dan prasananya sudah tersedia.

Kepala Dinkes Kota Serang, Toyalis, mengatakan saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk membahas penyedia tenaga medis. Menurutnya, ketersediaan tenaga medis menjadi momok agar awal 2018 mendatang warga Kota Serang dapat berobat di RSUD sendiri.

“Sebentar lagi RSUD Kota Serang bisa digunakan. Januari bisa beroperasi, kita lagi berkoordinasi terterkait dengan pengadaan tenaganya,” kata Toyalis saat duhubungi wartawan, Jumat (24/11/2017).

Toyalis menjelaskan, Senin (20/11/2017) lalu, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan BKD dan menemukan beberapa point diantarnya kebutuhan jumlah tenaga yang akan dipekerjakan.

Ia berharap, masyarakat bisa bersabar, sebab, segala macam usaha untuk menyelesaikan RSUD Kota Serang sudah dioptimalkan. Ia menegaskan, semua yang dilakukan oleh Dinkes semata mata untuk kesejahteraan warga Kota Serang.

Seperti diketahui, RSUD itu berdiri di tanah seluas 14.700 meter persegi dengan bangunan fisik mencapai 1.600 meter. Sampai saat ini  masih dalam proses pengerjaan.

Dari rancang bangun terlihat gedung tersebut memiliki 60 tempat tidur pasien. Sarana Gedung A1 untuk polilklinik dan kantor, Gedung C untuk rawat inap pasien, dan Gedung D dan E untuk laundry, dapur. Ditambah lagi dengan gedung travo dan gedung PLN.

Pantauan wartawan di lokasi RSUD Kota Serang, sejumlah pekerja masih mengerjakan pengerasan jalan dengan paving blok dan selasar penghubung antara gedung A dan gedung C.

Khusus untuk poli klinik utama yakni Poli Anak, Poli Bedah, Poli Kebidanan dan Poli Penyakit Dalam. Ditambah lagi dengan poli penunjang lainnya. Kebutuhan pegawai sudah diserahkan kepada pihak BKD.

Sementara untuk kebutuhan honor pegawai Dinkes sudah menyiapkan anggaran dengan rincian,  40 perawat, 15 bidan, delapan dokter spesialis, dan Dokter Umum.

Bahkan, Dinkes telah menganggarkan senilai Rp21 miliar untuk honor pegawai, laundry, listrik, air dan kebutuhan ATK RSUD Kota Serang.

Termasuk, khusus untuk obat Rp10 miliar sudah dianggarkan di luar Puskesmas.  Kemudian untuk alat kesehatan dianggarkan Rp5 miliar.

Sehingga, secara keseluruhan, sebanyak Rp 120 miliar akan digelontorkan untuk pembiayaan RSUD yang dianggarkan bertahap.

Terpisah, Site Manager PT Bangun Kharisma Prima, Hendi Parmanto mengaku optimis akan menyelesaikan pekerjaan fisik RSUD Kota Serang hingga bisa diserahterimakan pada 20 Desember 2017.

“Sisa pekerjaan ada pemasangan keramik, pengecatan luar, kamar mandi, reling tangga, gedung biotek, roof tenk, selsar, finishing lift, AC dan pemasangan CCTV di unit-unit,” tuturnya. (rhn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.