Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Pengganti Panglima TNI, DPR: Ini Waktunnya Jokowi Serahkan Nama Calon

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Komisi I DPR menilai saat ini adalah waktu yang sangat tepat bagi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyerahkan nama calon panglima TNI yang akan menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Kendati demikian, Jenderal Gatot Nurmantyo sudah akan memasuki masa pensiun pada bulan Maret 2018 mendatang.

“Panglima TNI sekarang sudah memasuki masa pensiun nanti saat bulan Maret 2018 mendatang. Nah seharusnya pada masa-masa ini Presiden menyampaikan surat kepada DPR untuk komisi I untuk melakukan fit and proper test,” ujar Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Andreas menambahkan, bahwa berdasarkan jadwal, pangganti Gatot Nurmantyo mulai mengemban tugas sebagai pimpinan tentara nanti pada Maret 2018 mendatang.

Adapun mengenai matra mana yang pas untuk menjadi pengganti Gatot Nurmantyo, ia sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

Ia menambahkan, alat utama sistem persenjataan (alutsista) harus dikendalikan oleh seorang panglima TNI. “Tang kedua aspek eksternal menyangkut ancaman dan prioritas pembangunan posisi pertahanan kita sehingga harus jadi pertimbangan,” tambah Andreas. (hisyam)