Zulfikar Demokrat

Ini Keuntungan Masyarakat Jika Sudah Memiliki Tanah Bersertifikat

0

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Keuntungan jika lahan telah mengantongi sertifikat disebutkan nantinya bisa terlegitimasi secara hukum dan diklaim dapat mendorong ekonomi masyarakat. Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) memberi kesempatan agar kepemilikan setiap tanah bersertifikat.

Pasalnya menurut Wahidin Halim, Gubernur Banten, negara akan memberikan jaminan hukum dan kepastian hak terhadap hak atas tanah yang sudah terdaftar. Jaminan bukti adanya tanah yang sudah terdaftar merupakan sebagai alat pembuktian yang kuat.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR-RI yang mebidangi soal pertanahan ini menambahkan, adanya tanah besertifikat dapat menghindari sengketa lahan, individu dengan perusahan, atau individu dengan pemerintah atau juga antar individu dengan individu.

“Program PTSL yang berjengjang dan berkesinambungan dapat menguntungkan, proses percepatan pembangunan tidak terhambat dengan persoalan sengketa. Karena legitimasi tanah yang terdaftar akan menghindari sengketa,” ucap pria yang kerap disapa WH beberapa waktu lalu menjelaskan.

Sementara itu terkait proses PTSL yang sedang berjalan dan dari pusat merencanakan masayakat harus mempunyai sertifikat tanah secara nasional menurut Eko Suwarno, Kasubag Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang malah masyarakat akan mendapat keuntungan secara ekonomi juga.

“Ketika tanah sudah bersertifikat bisa dijadikan anggunan di Bank. Dananya bisa dipakai untuk modal usaha. Sebenarnya keuntungannya selain secara administrasi terlegitimasi tapi ada keuntungan secara ekonomis ketika tanah bersertifikat,” ucap Eko ditemui PenaMerdeka.com, Jumat (8/12/2017).

Sekarang ini menurutnya, memang pihak BPN yang justru membutuhkan masyarakat agar ikut menjadi pemohon tanah yang nanti bersertifikat dalam program PTSL 2017. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan. Namun bisa banyak pemohonnya asalkan segenap yang terkait bisa berkoordinasi secara baik, lantaran sosialisai dan keuntungan yang didapat setelah tanah secara pribadi bisa di sertifikasi.

“Program ini sejatinya gratis karena kita sudah menyiapkan tim yuridis termasuk dari petugas ukur,” jelas Eko.

Hanya saja ia menegaskan sebelum proses tanah bersertifikat, bagi pemohon harus menyiapkan segala keperluan seperti patok batas tanah, materai, pajak dan ketentuan telah melengkapi pengurusan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang diurus secara pribadi.

“Semuanya gratis, masyarakat menyiapkan patok untuk batas ukur, materai dan yang lainnya, sisanya tidak dipungut biaya,” katanya menjelaskan.

Ini ada kemudahan, maka itu dia berharap dalam program PTSL 2018 masyarakat di Kabupaten Tangerang dapat ikut serta menjadi pemohon. Nantinya Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang hingga tahun 2015 rencananya juga akan terlibat dalam program tanah bersertifikat secara nasional. PTSL 2017 merupakan tahapan awalnya.

Dan secara nasional di tahun 2017 ada 3 juta bidang tanah yang akan tersertifikasi. Tahun ini untuk wilayah di Kabupaten Tangerang dalam program PTSL mendapat target 40 ribu bidang dari 3 juta sertifikasi tanah secara nasional. (redaksi/sarinan)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

ut odio felis vulputate, risus ut Praesent dictum elit. nec