Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

KPU Kota Serang Sebut Peran Aktif Ulama Bisa Redam Konflik

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang meminta peran aktif ulama untuk mensosialisasikan perhelatan Pilkada 2018 supaya sukses. Dari perannya disebutkan bisa meminimalisir gejolak politik.

Apalagi, sosialisasi dari kalangan pemuka agama diprediksi bisa meningkatkan partisipasi pemilih, lantaran sebelumnya dalam penyelenggara Pilkada 2018 mendatang ditargetkan dapat mendulang suara hingga 77 % suara.

Komisioner KPU Kota Serang, Fierly M Mabruri, dari peran aktif ulama dinilai bakal mampu meredam semua persoalan yang kadang terjadi di Pilkada. Jadi salah satu kesuksesan penyelenggaraan Pilkada karena adanya peran ulama agar berlangsung secara damai dan lancar.

“Kalau ulama yang ngomongkan adem,” katanya saat membuka Sosialisasi Pilkada Serentak 2018 oleh KPU Kota Serang kepada Ulama dan Tokoh Masyarakat di Salah satu Rumah Makan di Kota Serang, Senin (11/12/2017).

Ia memprediksi bahwa Kota Serang termasuk daerah rawan yang konflik kepentingan Pilkada yang disebabkan karena konstelasi antar tim pemenang bakal calon. Dengan kerjasama kepada semua pihak termasuk peran aktif ulama, ia mengatakan pihak KPU Kota Serang berkomitmen siap mensukseskan Pilkada tanpa ada persoalan berarti.

“Kita punya kesempatan untuk membuktikan itu,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris MUI Kota Serang, Amas Tadjudin menilai, sosok pemimpin di Kota Serang harus orang yang taat asas dan tidak mempunyai cidera, serta dekat dengan kelompok-kelompok ulama di kota Serang sebagai konfigurasi Ibu Kota Provinsi.

“Tentu saja dia yang mampu dan sanggup menjalankan prinsip pembangunan untuk kepentingan masyarakat. MUI akan mereaksi keras ketika calon pemimpin seakan-akan menyerahkan dirinya kepada kepentingan yang pro rakyat, tetapi padahal tidak,”tuturnya.

Ia mengatakan, peran aktif ulama untuk pembangunan di Kota Serang harus ditunjukkan untuk kepentingan warga dan masyarakat Kota Serang, bukan untuk kepentingan orang-orang tertentu. (rhn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan