Pembuatan E-KTP Kabupaten Serang Masih Butuh Antrian Panjang

0 462

KABUPATEN SERANG,PenaMerdeka -Antrean panjang masih terjadi untuk pelayanan pembuatan E-KTP arau Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serang. 

Penyebab antrian tersebut diduga lantaran minimnya personel yang bertugas melayani masyarkat saat akan melakukan pendaftaran maupun perekaman.

Pantauan wartawan di lokasi, sampai pukul 11.23 WIB, ratusan warga masih setia menunggu giliran dipanggil petugas pembuatan E-KTP. Petugas terlihat kewalahan untuk melayani warga satu persatu.

Warga yang datang ke Disdukcapil tercatat ada yang ingin melakukan pendaftaran, Perekaman, updating, dan pengambilan E-KTP.

Berdasarkan pengakuan warga, antrean pada instansi pemerintah yang beralamat di Kepandean Kota Serang tersebut setiap hari terjadi. Puncaknya adalah setiap hari Senin dan Selasa. Pada hari itu antrean bisa sampai halaman kantor karena tidak memadainya ruang tunggu.

“Sebenarnya pembuatan KTP satu hari juga jadi, yang lama itu ya ngantrinya itu,” kata seorang warga yang enggan disebutkan identitasnya, Selasa (12/12/2017).

Ia menuturkan, untuk merubah status di KTP dari mulanya ‘Belum Kawin’ menjadi ‘Kawin’ dirinya harus menunggu satu pekan. Sementara keberadaan KTP dibutuhkan setiap harinya. Apalagi seperti dirinya yang bekerja di luar daerah.

“Bisa satu hari cuma dikasih surat keterangan, ya mending nunggu seminggu kalau saya mah,” ujarnya.

Berbeda dengan, Karim, warga Baros Kabupaten Serang itu harus menunggu sekitar 7 bulan supaya pembuatan E-KTP bisa digunakan. Menurutnya, pihaknya tidak mengetahui persis apa penyebab antrean yang begitu panjang.

Namun, pihaknya mewajarkan atas kejadian itu, sebab hampir seluruh warga di Kabupaten Serang melakukan pembuatan ulang dari KTP biasa menjadi KTP El.

“Saya perekaman pembuatan E-KTP pada bulan 5 (Mei), dan pengambilannya bulan 12 (Desember), bisa diitung aja,” ucapnya. (rhn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...