Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Raja Salman: Palestina Berhak Merdeka di Ibukota Yarusalem

0 69

RIYADH,PenaMerdeka – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mengutuk keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yarusalem sebagai Ibu Kota Israel. Menurut Raja Salman, rakyat Palestina mempunyai hak mendirikan negara merdeka dengan ibu kota di Yerusalem Timur.

Pernyataan Raja Salman langsung disampaikan dalam pidato di hadapan Dewan Syura Kerajaan Saudi di Riyadh pada hari Rabu yang disiarkan stasiun televisi pemerintah. Sikap resmi Raja Salman muncul saat negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menggelar KTT Luar Biasa di Istanbul, Turki.

”Kerajaan sudah menyerukan sebuah solusi politik agar menyelesaikan krisis regional, yang terpenting adalah masalah Palestina dan untuk pemulihan hak-hak sah rakyat Palestina, termasuk hak untuk mendirikan negara merdeka dengan Yerusalem Timur menjadi ibukotanya,” tandas Raja Salman.

“Saya mengulangi penghukuman kepada Kerajaan dan penyesalan yang kuat atas keputusan AS mengenai ucapannya, karena menghapus hak-hak bersejarah rakyat Palestina di tanah tersebut,” lanjut Raja Salman, yang dilansir oleh Al Jazeera, Kamis (14/12/2017).

Pidato pemimpin Arab Saudi ini muncul sehari sesudah menyambut Raja Yordania Abdullah II ke istananya. Kunjungan Raja Abdullah dengan membahas perkembangan regional terakhir, terutama yang berkaitan dengan Yerusalem dan dampak yang sangat bahaya dari rencana pemindahan Kedutaan AS di Israel dari Tel Aviv ke kota tersebut. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...