Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Ditutup Awal Sore Sampai Pagi

BOGOR,PenaMerdeka – Kawasan Puncak, Bogor, dipastikan akan menjadi sasaran warga Jabodetabek saat liburan malam pergantian tahun. Agar mengantisipasi kemacetan parah, polisi menerapkan sistem one way (satu arah) dan buka tutup jalur puncak.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP Hasby Ristama menegaskan, menjelang malam tahun baru tepatnya pada Minggu (31/12/2017), pihaknya menutup dari arah Bogor dan Jakarta pada pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB Senin 1 Januari 2018.

Penutupan jalur puncak dimulai dari Simpang Sirait berkisar 1 km dari Gerbang Tol Ciawi. Hanya kendaraan roda dua yang boleh melintas. Pihaknya menyatakan kepada masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru di kawasan tersebut untuk datang lebih awal atau sebelum pukul 18.00 WIB.

Menurut dia, penutupan dilakukan agar mengantisipasi kepadatan kendaraan pada malam tahun baru yang berpotensi menimbulkan kemacetan parah hingga terjadi penguncian.

“Bagi kendaraan roda dua masih bisa melintas. Penutupan yang dilakukan pada pukul 18.00 WIB hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih itu tidak bisa lewat,” ungkapnya.

Sementara itu, masyarakat yang hendak ke Cianjur dialihkan melalui arah Sukabumi atau bisa menggunakan jalur Cileungsi-Jonggol. Polres Bogor bekerja sama dengan Polres Cianjur untuk mengamankan pada kawasan ini.

Selain menerapkan sistem satu arah, pihaknya sudah memperbanyak penempatan personel pada titik-titik rawan kemacetan di kawasan ini pada malam tahun baru.

“Kami sudah mematangkan ada sekitar tujuh titik kemacetan yang harus diantisipasi oleh para pengendara,” tandas AKP Hasby.

Ketujuh persimpangan titik rawan macet itu yaitu Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Megamendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, Simpang Warung Kaleng, dan Simpang Lokakarya.

Penutupan kawasan jalur puncak pada malam tahun baru sudah disosialisasikan kepada masyarakat dengan memasang sejumlah banner dan spanduk di GT Cibubur Utama dan GT Ciawi sejak Senin (11/12/2017) lalu. (PenaMer)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan