BMKG Himbau Masyarakat Potensi Longsor dan Banjir saat Musim Hujan Tiba

JAKARTA,PenaMerdeka – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kepada masyarakat 93,27 % wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan dan sebagian wilayah juga akan berpotensi longsor.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyatakan, adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG menghimmbau kepada masyarakat waspada potensi genangan, banjir ataupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi musim ini lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

Untuk  daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan mewaspadai banjir dan longsor sebab musim hujan tiba.

“Waspada potensi musim biasa ini disertai angin kencang yang bisa menyebabkan pohon maupun papan reklame atau baliho tumbang atau roboh dan yang paling berbahaya bagi kapal berukuran kecil,” ungkap Dwikorita lewat keterangan tertulisnya, Selasa (19/12).

Menurut Dwikorita, bahwa agar menghindari tertimpa bangunan atau pohon, warga juga diminta tidak untuk berlindung di bawah pohon jika saat datang kilat atau petir.

“Waspada untuk peningkatan ketinggian gelombang laut yang lebih dari 2,5 meter saat musim hujan tiba. Serta juga menunda kegiatan penangkapan ikan secara tradisional sambai gelombang tinggi mereda,” tungkasnya. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah