Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Nyaris Mirip Pilkada, Ini Konsep Pemilihan RW di Dadap Kabupaten Tangerang

0 55

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Pengemasan kegiatan pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) di Desa Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang patut diapreasi. Respon demokrasi dan partispasi Pemilihan RW masyarakat setempat tercatat signifikan.

Perhelatannya sudah berlangsung pada Minggu 17-12-2017 lalu, ada 7 titik pemilihan Ketua RW yang digelar panitia di halaman kediaman warga.

Tetapi banyak kesimpulan yang wajib dicontoh, pasalnya dari kemasan pelaksanaannya pemilihan RW tersebut sepadan mirip perhelatan Pilkada, lantaran panitia untuk mencetak blanko saja harus dengan layout yang cukup rapih seperti yang dikeluarkan pihak KPUD.

Tak ayal akhirnya partispasi pemilih juga dikabarkan meningkat. Warga yang mendapat surat undangan hak suara pemiihan Ketua RW nyaris tanpa absen memenuhi tingkat keterpilihan.

Antusias pesta demokrasi tingkat RW mengawali natal dan tahun baru 2018 sejatinya bisa dijadikan tonggak menuju masyarakat yang sadar politik khususnya bagi warga Desa Dadap.

“Sebelum kami cetak surat suara dan penentuan warna beserta nomer angka kandidat terlebih dahulu didiskusikan bersama,” jelas Imam Safe’i ketua Panitia Pemungutan Suara Pemilihan RW, kepada wartawan.

Imam melanjutkan, soal mencetak surat undangan dan lainnya ia mengaku harus mendiskusikan secara matang.

Termasuk berkoordinasi terkait tahapan yang memakan waktu hampir 2 bulan lebih. Hingga kata Imam menandaskan, sampai pelaksanaan pencoblosan berlangsung karena kami diskusikan juga secara matang.

Sementara itu Kapolsek Teluknaga, AKP Fredy Yudha Satria mengatakan, anggota juga dalam pelaksanaan pemilihan RW di 7 titik tersebut juga inten berkoorinasi dengan pihak Koramil/03 Tln.
“Pelaksanaan pemilihan ketua RW berjalan lancar, masyarakat sudah mengerti cara pelaksanaannya, sebanyak 20 anggota personel Kepolisian Polsek Teluknaga disiagakan hingga selesai,”ujar Fredy.

Seperti diketahui dari hasil daftar pemilih tetap yang berjumlah 1013 pemilih panitia mencatat ada sebanyak 600 pemilih yang datang ke tempat pencoblosan. (sarinan)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...