Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Disdukcapil Kota Tangerang Keluarkan 28.887 Suket Pilkada Banten

0 323

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang dalam perhelatan pemilihan gubenur dan wakil gubenur kali ini mencatat sudah mengeluarkan 28.887 surat keterangan (Suket) kepada calon pemilih di Pilkada Banten. Proses Suket Pilkada Banten yang dikeluarkan Disdukcapil dinyatakan telah sesuai dengan surat edaran dari Dirjen Dukcapil, Kemendagri.

Seperti diketahui KPU Kota Tangerang telah menetapkan daftar pemilih tetap di Kota Tangerang untuk Pilkada Banten sebanyak 1.127.914 orang. Suket Pilkada merupakan keterangan rekomendasi bagi warga yang belum melakukan perekaman tetapi hak suaranya dalam Pilkada Banten.

Amal Herrawan Budi, Kasi Pelayanan Informasi Disdukcapil Kota Tangerang mengatakan, suket yang dikeluarkan memiliki dua pengertian sebagai pengganti KTP elektrik karena belum tercatat di DPT. Selanjutnya Suket Pilkada rekomendasi untuk mencoblos calon gubernur dan wakil gubernur dikeluarkan warga tersebut tidak tercatat di DPT tetapi dalam database kependudukan mengantongi hak suara.

“Dan itu sudah dikeluarkan oleh kami, hanya Disdukcapil Kota Tangerang yang mengeluarkan Suket Pilkada per-satu orang satu saja, karena kita tidak menginginkan bakal menimbulkan masalah, dan KPU juga Insya Allah merasa terbantu jika prosesnya dilakukan seperti ini. Upaya kita menekan angka kesalahan,” ujar Amal kepada PenaMerdeka.com, Jumat (10/2) lalu.

Ia lebih dalam menjelaskan, memang bagi warga yang sudah melakukan perekaman data dalam lampiran suket tercantum fotonya, sementara bagi warga yang belum melakukan perekaman tapi ada dalam database tidak memiliki foto hanya terpampang barcodenya saja.

Dengan begitu ia menyakini suket yang dikeluarkan Disdukcapil Kota Tangerang tidak dapat dipalsukan.

“Ya kalau memang ada terindikasi suket palsu, silahkan datang ke kecamatan atau ke Disdukcapil. Dan untuk lebih mudahnya lagi dapat di cek NIK nya melalui website yang sudah disediakan,” terangnya.

Sementara itu, sampai tanggal 15 February. Disdukcapil Kota Tangerang hanya menyediakan atau melayani warga yang ingin mendapatkan surat keterangan seperti kepada pemilih pemula yang ingin memberikan hak pilihnya.

“Jadi nanti pada tanggal 15 februari dia (pemilih pemula-red) umurnya sudah sampai 17 tahun itu dapat dikeluarkan suketnya, dengan orang tersebut sudah melakukan perekaman kependudukan,” tandasnya. (man)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...