Korut dan Korsel Kembali Bersatu Setelah Dua Tahun Membeku

0

SEOUL,PenaMerdeka – Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) memulai perundingan formal pertama mereka saat lebih dari dua tahun ‘membeku’, Selasa (9/1/2018). Keduanya disatukan oleh olahraga untuk membahas atlet Korut bisa menghadiri Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Korea Selatan meski menimbulkan kekhawatiran akan konflik.

Pertemuan itu diawasi ketat oleh para pemimpin dunia yang menginginkan adanya tanda-tanda pengurangan ketegangan pada semenanjung Korea. Nahasnya, perundingan ini dilakukan pada kekhawatiran pengembangan senjata nuklir Korut dan menentang resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Mengutip dari Reuters, “Hari ini kita akan melakukan pembicaraan untuk membahas partisipasi Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang dan Paralimpiade serta peningkatan hubungan antar-Korea,” kata Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon, yang memimpin delegasi Korsel.

Cho menyebutkan bahwa delegasinya bersiap untuk membahas reuni kembali anggota keluarga yang terpisah oleh Perang Korea, yang berakhir dengan sebuah gencatan senjata dan secara teknis meninggalkan kedua Korea yang terus berperang.

Sejumlah pejabat Korsel berharap kedua Korea bahkan dapat berbaris di bawah bendera tunggal di Olimpiade Musim Dingin dan pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade bahwa kedua Korea bersatu dalam satu bendera pada acara olahraga. (hisyam/dbs)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.