Pendapatan Pajak Kendaraan 2017, Samsat Kota Serang Kantongi Rp 90 Miliar

0

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Sepanjang tahun 2017 lalu Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Serang tercatat mendapat Rp90 miliar dari hasil pembayaran pajak kendaraan bermotor. Berhasil melampaui Rp6 miliar dari terget pendapatan sebesar Rp84 miliar.

Dinformasikan bahwa sumber keuangan pajak motor rersebut banyak diambil dari jenis kendaraan roda dua. Untuk kendaraan roda empat disebutkan porsentasinya tidak signifikan.

Disebutkan juga sepanjang tahun 2017, pendapatan pembayaran dari penunggak pajak mengalami penurunan drastis. Pembayaran pajak yang mengalami penunggakan sebanyak 500 kendaraan. Total yang berhasil didapat dari pembayaran pajak kendaraan tertunggak senilai Rp9 miliar. Angka tersebut jauh dari nilai penghasilan yang mencapai 90 miliar.

Kepala Samsat Kota Serang, Ahmad Saukani mengatakan, kesadaran warga untuk membayar pajak sudah semakin baik.

Ia mengklaim, prestasi itu tidak luput dari baiknya kerjasama antara Samsat dan Pemkot Serang sehingga pengoptimalan uang pajak bermotor semakin baik.

“Dilihat sari realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor, target kita sebesar Rp84 miliar, tetapi realisasinya 90 miliar, jadi target melebihi 10,70 %,” katanya saat ditemui PenaMerdeka di Kantornya di Banjar Agung, Kota Serang, Kamis (11/1/2017).

Ia menjelaskan, agar masyarakat semakin sadar, pihaknya terus melakukan langkah langkah strategis. Antara lain, menagih melalui administrasi surat pemberitahuan, menyediakan mobil samsat keliling, door to door dan razia.

“Kasus yang kerap terjadi di lapangan, misalnya kendaraanya hilang, sudah dijual tapi tidak lapor ke kami, sehingga pajaknya terus diitung, sementara orangnya diam saja,” ucapnya.

Ahmad Saukani mengatakan, taget pendapatan pembayaran pajak kendaraan tahun 2018 senilai Rp100 miliar. Ia yakin jumlah tersebut dapat tercapai dengan pola yang sudah disiapkan.

Maka itu menurutnya, kedepan sinergi Pemkot dan Samsat bisa lebih terjalin bagus. Sebab, 30 persen dari pencapaian Samsat diberikan juga untuk Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kota Serang.

“Kalau 100 M, Rp 30 miliar untuk Pemkot, jumah yang lumayan kan buat PAD dari pajak kendaraan,” pungkasnya. (rhn/arif)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.