Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Facebook Utamakan Berita Berkualitas Tinggi

0 54

NEW YORK,PenaMerdeka – CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan akan dimulainnya mengutamakan berita yang Sumber informasinya bisa dipercaya pada situsnya untuk melawan kesalahan informasi atau hoax.

Media sosial mendapat banyak kritik pada 2017, bukan hanya Facebook, Twitter juga demikian. Mereka dikritik karena tak mampu mengatasi fake news atau hoax (berita bohong). Bahkan media sosial dianggap ikut sebagai alat untuk mempengaruhi pemilihan umum di Amerika Serikat (AS) dan Brexit (Bristish Exit/Inggris keluar dari komunitas Eropa) di Inggris.

Perusahaan media sosial itu menegaskan, akan meminta lebih dari 2 miliar penggunanya agar memberi peringkat pada kantor berita yang mereka percayai dalam rangka mengutamakan “berita berkualitas tinggi” dan membedakan dari sumber yang kurang terpercaya.

Menurutnya, sistem peringkat yang terbaru itu berusaha untuk membedakan antara organisasi berita yang hanya dipercaya oleh pelanggan mereka sendiri dari yang dipercaya secara luas di seluruh masyarakat dunia maya.

Mark Zuckerberg menulis pada sebuah blog yang mengatakan bahwa, perusahaannya tidak “merasa nyaman” untuk menentukan secara sepihak sumber berita mana yang sangat dapat dipercaya di dunia yang banyak perbedaan pendapatnya.

“Ada terlalu banyak sensasionalisme, kesalahan informasi dan polarisasi pada dunia saat ini,” tulis Mark Zuckerberg dalam akun Facebook.

Dia mengatakan, perusahannya akan mempertimbangkan untuk minta para ahli dari luar untuk memilih sumber berita dengan citra yang baik. Namun mengatakan bahwa cara tersebut akan mengarah pada “masalah objektivitas”.

“Hal ini memutuskan untuk mengandalkan pada survei anggota sebagai cara yang paling obyektif agar kepercayaan pada sumber berita steril. Mempromosikan berita berkualitas tinggi bisa membantu membangun rasa kesamaan bagi para pembaca,” terangnya.

Dia juga mengumumkan bahwa Facebook akan mengurangi News Feed-nya dari lima persen menjadi empat persen. Hal ini berarti pengguna akan melihat lebih sedikit berita yang dimuat dan Perusahaan ini akan menyediakan lebih banyak postingan dari teman-teman. (riri/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...