Waspadai, Penyakit Campak Pemicu Gizi Buruk

JAKARTA,PenaMerdeka – Penyakit gizi buruk di Papua ditetapkan menjadi kejadian luar biasa (KLB) oleh Kementerian Kesehatan lantaran sudah merenggut beberapa nyawa disana. Hal ini memang menjadi permasalahan yang cukup rumit bagi pemerintah.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr Samuel Oetoro menegaskan, bahwa untuk masalah gizi buruk yang terjadi di Papua diawali dengan penyakit campak.

Sementara, dengan penanganan penyakit ini secara tidak tepat dan tidak mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi seimbang akan bisa berdampak pada gizi buruk.

“Saat mereka terkena, tapi tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang maka berdampak pada gizi buruk dan kalau gizi buruknya parah, ya bisa menyebabkan kematian,” jelas Dr Samuel di Jakarta.

Penderita gejala ini di Papua pun harus lebih memerhatikan beberapa makanan yang dikonsumsi supaya tidak menyebabkan gizi buruk. Mereka juga harus segera berobat ke rumah sakit terdekat ataupun melakukan vaksin terlebih dahulu agar terhindar dari campak.

“Jadi, kalau mau sembuh langsung segera berobat dan ikuti anjuran kesehatan pemerintah agar makanan yang sehat dan bergizi dengan protein lengkap, lemak dan vitamin serta karbohidrat biar tak menyebabkan penyakit campak dan lain-lainnya,” pugkasnya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah