Zulfikar Demokrat

Mengintip Taman Baca Masyarakat Kolong di Jalan Layang Ciputat Tangsel

0

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Kawasan kolong jalan layang Ciputat, Tangerang Selatan, saat ini terlihat indah dengan adanya Taman Baca Masyarakat (TBM). TBM Kolong ini didirikan mahasiswa dan mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang tergabung dalam Komunitas FISIP Mengajar.

Doni, seorang pengelola kawasan itu, menjelaskan, berdirinya kawasan tersebut tidak lepas dari keresahan yang muncul pada diri segenap pengurus Komunitas FISIP Mengajar.

“UIN ini kan ada pada wilayah Tangsel. Nah, kami resah karena sampai waktu itu, keberadaan kami mahasiswanya dan UIN Jakarta ini belum dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat wilayah Tangsel,” jelas Doni saat ditemui oleh PenaMerdeka.com di Taman Baca Masyarakat Kolong, (22/1/2018).

Doni menyebutkan, pihaknya membuat tim yang terdiri dari lima orang guna mencari lokasi di sekitar wilayah Tangsel. Dalam pencarian itu, Doni dan teman-temannya dipertemukan dengan komunitas kepemudaan sekaligus juga kelompok penggemar musisi Iwan Fals, OI Tangsel.

Lanjutnya, diskusi tersebut digelar dengan OI Tangsel di kolong jalan layang Ciputat. OI Tangsel sebelumnya sudah melakukan kegiatan penghijauan dan pembuatan mural pada kawasan tersebut.

“Akhirnya kami banyak ngobrol dan diskusi, dan teman-teman OI Tangsel ini mempersilakan kami hadir dan berkolaborasi di sini.¬†Proses diskusi yang dilakukan sejak Februari 2016 tahun lalu akhirnya membuahkan hasil dengan didirikannya Taman Baca Masyarakat Kolong pada 4 Juni 2016 lalu,” jelas Doni.

Dengan memanfaatkan sebuah bangunan yang terbengkalai di bawah kolong jalan layang Ciputat, Komunitas FISIP Mengajar pun menyulap tempat tersebut menjadi ramai dengan kegiatan warga untuk membaca dan berkumpul.

Dari pantauan di lokasi, bangunan kecil kini sudah menjadi sebuah perpustakaan mini dengan buku-buku yang tersusun rapi di atas rak yang disediakan untuk masyakarat.

Selain taman baca, tempat tersebut juga dilengkapi berbagai macam fasilitas. Fasilitas dibangun Pemerintah Kota Tangsel sebagai bentuk dukungan kepada Komunitas FISIP Mengajar.

“Pemkot membangun lapangan futsal. Kami minta ada pemancing agar kolong ini agar enggak angker. Setelah lapangan futsal, kami dikasih saung. Setelah saung, dikasih lemari, terus terakhir dikasih rumput sintetis untuk duduk-duduk dan peresmiannya kemarin sebelum tahun baru,” terangnya.

Sampai saat ini, lebih dari 1.020 buku ada di Taman Baca Masyarakat Kolong itu. Jumlah tersebut diakui oleh Doni membuat TBM Kolong surplus dan mulai memberikan buku-buku ke taman baca lain yang sangat membutuhkan. (yoyo)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

at tristique quis consequat. adipiscing ut Nullam Phasellus felis