Lima Ormas Cekcok di Depan Pemkot Bekasi, Satu Orang Luka Parah

BEKASI,PenaMerdeka – Lima organisasi masyarakat (Ormas) cekcok di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (25/1/2018) siang tadi. Akibatnya, Anggota ormas dari Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) bernama Herdi (41), mengalami luka bocor pada kepalanya.

Selain Herdi, ada beberapa anggota ormas lainnya yang luka–luka. Bahkan, tiga mobil yang terparkir di pinggir jalan hancur akibat bentrokan itu. Sampai saat ini, kondisi Jalan Ahmad Yani masih menegangkan karna beberapa anggota dari salah satu anggota perkumpulan itu masih banyak yang bertahan.

Herdi diamuk massa saat berusaha untuk mengejar barisan rekan anggota Ormas dengan menggunakan sepeda motor Honda Vario bernopol B 3520 KMT. Saat itu, ratusan massa dari GMBI dipukul mundur oleh petugas Satpol PP Kota Bekasi dan Polres Metro Bekasi Kota ke arah selatan.

Mereka dipukul mundur karena berseteru dengan dua ormas lainnya, yaitu Pemuda Pancasila (PP) dan Forum Betawi Rempug (FBR) yang berada di halaman dalam Plaza Pemerintah Kota Bekasi. Ketika massa GMBI dipukul mundur ke arah selatan, korban Herdi berupaya mengejar dari utara. Selain itu ada organisasi lainnya yakni Gibas, AMS, dan Forum Warga Bekasi (FWB).

Sayangnya, identitas Herdi terbuka saat mengendarai motor dan mengenakan seragam kemeja GMBI. Massa dari dua ormas yang melihatnya langsung mengejar dan menggeroyok Herdi menggunakan tangan kosong. Bahkan puluhan massa yang mengeroyoknya sempat menghantam kepala Herdi.

Melihat rekannya diamuk, massa dari GMBI kembali maju ke arah petugas agar menolong Herdi. Namun, upaya mereka kandas karena dihalau petugas dan massa FBR serta PP. Oleh petugas, Herdi sudah dievakuasi ke truk Sabhara Polrestro Bekasi Kota.

Bentrok antar dua kelompok tidak mampu dibubarkan. Sebab, massa dari tiga ormas terus saling melempari batu. Petugas berusaha berlindung dengan tameng dan helm dengan membuat berikade. Bahkan beberapa petugas terpaksa menembakan gas air mata ke arah massa.

Pengendara yang saat itu melintas di ruas Jalan Ahmad Yani pun ikut panik saat terjadi bentrok antar Ormas. Mereka berebut untuk memutar arah kendaraan lewat Jalan Ir. H. Djuanda. Oleh kepolisian, ruas Jalan Ahmad Yani terpaksa ditutup beberapa saat. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah