Pemanfaatan Lahan Tidur, Gempita Kabupaten Serang Cetak Petani Jagung

KABUPATEN SERANG,PenaMerdeka – Sektor pertanian semakin menjanjikan dari sisi pendapatan ekonomi, Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Kabupaten Serang rencananya fokus mengajak pemuda menjadi petani jagung.

Sebelumnya, dari lahan tidur Gempita binaan Dinas pertanian (Distan) Kabupaten Serang sudah mendongkrak ekonomi petani karena sejumlah hasil panen pertanian diserap dipasarkan sebagai mitra agribisnis

Koordinator Daerah Gempita Kabupaten Serang, Daddy Hartadi mengungkapkan, adanya Gempita bentukan dari Kementrian Pertanian saat ini banyak pemuda yang terjun kedunia pertanian. “Khususnya budidaya tanaman jagung dan kedelai. Mereka menjadi petani jagung dang kedelai,” kata Daddy kepada PenaMerdeka.com, Rabu (31/1/2018).

“Polanya memanfaatkan dan mengolah lahan tidur agar kembali produktif dan nantinya melibatkan pemuda. Dan sekarang sudah 3 kali panen jagung di atas lahan sekitar 20 hektar,” kata Daddy.

Ia melanjutkan, dalam 1 hektar bisa menghasilkan 7 hingga 10 ton jagung tongkolan selanjutnya setelah melewati proses pipil sebagai standar kualitas feed mill hasilnya kita pasok ke perusahaan produk pakan.

“Hasil dari petani jagung kemudian Gempita menampung hasil panen yang kemudian kita proses pipil pengeringan sampai kadar air 15 persen sesuai standar kualitas feed mill,” ucapnya.

Saat ini Gempita Kabupaten Serang sudah memasok hasil tani jagung ke PT Jafpa Comfeed dan PT Sabas Dian Bersinar.

Untuk itu supaya lebih produktid pada tahun 2018 ini pihak Gempita akan mengusulkan program Calon Petani dan Calon Lahan yang melibatkan pemuda dan masyarakat di Kabupaten Serang. Luas lahan yang nanti bakal diajukan sekitar 585 hektar.

“Jumlah ini harus dikejar lantaran untuk memenuhi kebutuhan industri pakan ternak, makanya kita juga akan dirikan badan usaha untuk mereka. Pasalnya kran impor jagung pipilan saat ii sudah ditutup pemerintah. Butuh petani jagung supaya hasilnya yang banyak,” tandasnya. (fred)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah