Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Termasuk Non Parlemen, 15 Parpol Kota Tangerang Lolos Verifikasi

0 87

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Ada sebanyak 15 Partai Politik (Parpol) calon peserta pemilu 2019 yang sudah tercatat lolos secara administrasi hingga faktual. Partai non parlemen yang ikut dalam Pileg 2014 hanya menyisakan Partai Keadilan dan Pembangunan Indonesia (PKPI).

Sementara PBB hingg saat ini masih harus melakukan perbaikan. Seperti diketahui, data hasil verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang sepanjang masa verifikasi faktual, baik sebelum putusan Bawaslu, maupun Putusan Mahkamah Konstitusi (MK), 15 Parpol yang diverifikasi tersebut memenuhi ketentuan syarat sebagai calon peserta Pemilu 2019.

PKPI dan PBB seperti dikabarkan sebelumnya pada Pemilu 2014 lalu memang ikut dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Namun sayangnya ke dua partai ini tidak mampu menempatkan wakil rakyatnya di DPRD Kota Tangerang (partai non parlemen) pada 2014 lalu.

Pada pemilu 2019 mendatang 15 Parpol yang sudah melewati administrasi dan faktual adalah, Partai Perindo, lolos sebelum putusan MK.

Dan sisanya sebanyak 14 Parpol, antara lain, Partai PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, NASDEM, PPP, PKB, PKS, PKPI, Partai Garuda, Partai Berkarya, PSI, Partai Hanura, dan Partai Demokrat dinyatakan lolos pasca keluranya putusan MK.

“1 Parpol yakni Perindo sudah lolos sebelum putusan MK. Sedang 15 Parpol yang harus diverifikasi pasca Putusan MK, hanya 14 Parpol yang dinyatakan lolos usai diverifikasi sejak 31 Januari-1 Februari lalu. Sedangkan partai non parlemen PPB belum lolos dan harus melakukan perbaikan,” kata Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang,Jumat (2/2/2018).

Dikatakan Sanusi, hasil verifikasi Parpol akan diserahkan kepada masing-masing Parpol yang sudah diverifikasi.

Parpol yang dinyatakan lolos ini, adalah Parpol yang sudah memenuhi syarat keberadaan kantor, domisili kantor, kepengurusan, 30 persen pengurus perempuan, dan terpenuhinya syarat minimum anggota, yakni menimum sebanyak 1.000 orang anggota di Kota Tangerang.

“Semua verifikasi baik partai baru dan non parlemen ini diawasi penuh oleh Panwaslu Kota Tangerang. Jadi, kelolosan Parpol ini semata-mata karena sudah memenuhi seluruh persyaratan sesuai PKPU dan aturan yang ada,” tegas Sanusi.

Selanjutnya, kata Sanusi, berkas Parpol yang dinyatakan lolos ini akan disampaikan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Banten. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...