Warga Tanah Tinggi Tangerang Terbanyak Pembebasan Lahan Proyek Tol Bandara

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Jumlah bidang paling banyak yang dibebaskan untuk proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) – Bandara Soekarno Hatta (Soetta) tercatat ada di Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Tangerang.

“Jumlahnya lebih dari 640 rumah milik warga yang lahannya dibebaskan dalam proyek ini,” kata Lurah Tanah Tinggi, Hadi Ismanto, Jumat (2/2/2018).

Hadi menjelaskan, pembebasan untuk proyek Tol JOOR sebanyak 640 bidang di Kelurahan Tanah Tinggi merupakan angka tertinggi, setelah itu ada di sekitar Kecamatan Benda.

“Paling banyak di Tanah Tinggi. Kedua di kawasan Kecamatan Benda, Tangerang,” ucapnya.

Menurutnya, hampir semua bidang yang dibebaskan ini milik warga. Tak ada sarana pendidikan atau sekolah yang tergusur.

“Satu rumah ibadah yaitu masjid juga kena dampak pembebasan lahan proyek Tol,” ucap pria yang kerap disapa Bang Boy ini menerangkan.

Hadi menerangkan masyarakat sudah diajak musyawarah soal ganti rugi. Musyawarah dilangsungkan di Aula Kantor Tanah Tinggi dihadiri jajaran BPN dan juga pengelola Tol.

“Saat ini warga datang sudah mulai untuk memverifikasi data. Nanti diundang lagi untuk pembayaran ganti ruginya,” ungkap Hadi.

Ia mengklaim prosesi pendataan serta musyawarah berjalan kondusif. Untuk angka ganti rugi dilakukan penilaian oleh tim independen.

“Memang masih ada kendala untuk pembebasan lahan proyek Tol ini seperti kekurangan adminitrasi berkas, kepemikikan ahli waris, Pajak Bumi Bangunan (PBB), bidang bentuk girik dan lainnya. Batas waktunya diberikan dua pekan untuk mengurus pemberkasan ini,” ungkapnya.

Direktur Utama PT Jasamarga Kunciran – Cengkareng (JKC), Edwin Cahyadi mengakui saat ini dalam pembangunan masih terkendala pembebasan lahan.

Ia mengungkapkan, proyek ini sudah membebaskan 32, 5 persen dari seluruh lahan yang dibutuhkan. Sedangkan secara keseluruhan pembangunan Tol Kunciran – Cengkareng dengan panjang 14,19 Km saat ini sudah mencapai 7,81 persen.

“Jalan Tol ini juga akan terhubung dengan Tol Jakarta – Tangerang, Kunciran – Serpong, serta Tol Prof. Dr. Sedyatmo arah Bandara Soetta,” kata Edwin.

Diharapkan pembangunan tersebut dapat mengurai kemacetan di Tol Dalam Kota Jakarta. Mau pun Tol yang menuju Bandara Soetta.

“Nantinya proyek Tol ini berfungsi untuk memecah arus lalu lintas yang sering kali mengalami kepadatan di dalam kota Jakarta dan JORR,” tandasnya. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah