Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Digelontorkan Rp 50 M, Bawaslu Sebut Masyarakat Bisa Awasi Pilkada

117

Anggaran yang digelontorkan untuk operasional penyelenggaraan Pilgub Banten 2017 sudah dicairkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten senilai Rp 50 miliar. Disebutkan bahwa anggaran tersebut lebih banyak diperuntukan kepada petugas pengawas lapangan (PPL) yang ada di delapan kabupaten / kota di Banten.

“Anggaran itu hanya untuk honorarium pengawas pemilu tingkat kabupaten/kota sampai tingkat PPL (petugas pengawas lapangan), untuk kesekretariatan, dan untuk kegiatan peningkatan kapasitas, pelatihan bimtek, dan lainnya,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Pramono U Tantowi, Jumat (29/4).

Kepada wartawan ia mengatakan, bahwa di perhelatan Pilkada nanti akan ada TPS sebanyak 16500 di 1551 desa / kelurahan yang ada di Banten. Pramono kembali melanjutkan, sebagian besar anggaran tersebut untuk honorarium di tingkat bawah, seperti honor PPL selama enam bulan masa kerja dan petugas TPS. Total untuk honorarium dan operasional petugas TPS itu Rp1 juta. Kalau dikalikan jumlah TPS, maka kebutuhannya mencapai Rp 16,5 miliar, katanya menegaskan.

Kendati anggaran tersebut tidak mencukupi untuk membiayai hingga penyelenggaraan Pilgub, pihaknya belum mengetahui apakah akan mendapatkan tambahan bantuan dana atau tidak. “Yang jelas, kita usulkan lagi nanti di anggaran perubahan 2016,” ujarnya.

Terkait pengawasan sebelumnya ia menghibau kepada masyarakat agar juga terlibat dalam pengawasan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Karena potensi pelangaran kata Pramono pasti saja ada. ”Unsur masyarakat bisa mengawasi jalannya Pilkada,” tandasnya menjelaskan. (day/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...