Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Atasi Banjir, Pemkot Bekasi Gencar Bangun Polder Air

BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat gencar membangun kolam retensi atau polder air pada wilayah setempat sejak beberapa tahun terakhir. Tempat penampung air tersebut menjadi solusi atasi banjir yang sering melanda sejak tujuh tahun lalu.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kota Bekasi, Tri Adhianto menegaskan, bahwa pembangunan polder air itu mulai digalakkan pada 2015 silam. Itu menyusul sejumlah permukiman warga pada beberapa wilayah yang kebanjiran.

“Polder air untuk menggantikan resapan air yang beralih fungsi, karena Bekasi dulunya sebagian besar adalah rawa,” pungkasnya, Selasa (6/2).

Tiga tahun berjalan, penampungan yang dibangun meskipun sebagian belum sempurna mulai dirasakan masyarakat. Sejumlah wilayah yang sering terdapat genangan tinggi mulai bisa tertanggulangi.

Misalnya, di wilayah Rawalumbu (Pengasinan), Bekasi Timur (Arenjaya), Karang Kitri, Kali Mati, Danita), Bekasi Selatan (Galaxi), Bekasi Barat (Pawapasung), Bekasi Utara (VIP), Jatiasih (IKIP, Bendung Koja) dan wilayah lainnya.

“Kemarin memang hujan deras hampir seharian, Alhamdulilah untuk sebagian besar wilayah aman dari genangan tinggi,” paparnya.

Kepala Bidang Perencanaan pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kota Bekasi Dicky Irawan menegaskan, fungsi utamanya adalah sebagai menampung air dan memotong debit puncak dari saluran drainase. Selanjutnya, akan dialirkan secara gravitasi atau menggunakan pompa air.

“Kawasan ini didesain untuk ruang publik masyarakat. Baik berupa taman maupun area aktivitas sosial lainnya, semisal jogging track juga ada,” jelas Dicky.

Ia menambahkan, polder air yang dibangun kini dipelihara ikan, meskipun secara prinsip tidak didesain mengarah ke sana. Namun, dengan pemeliharaan ikan tersebut, bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai aktivitas sosial juga, bukan berarti sebagai komoditi khusus. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan