Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Menengok Budaya Menanti Angpao Warga Kampung Melayu Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Kendati diguyur hujan, ribuan warga yang rata-rata tercatat sebagai ibu rumah tangga di Kampung Melayu, Kabupaten Tangerang nampak antusias tetap antre menanti bingkisan sembako dan angpao.

Pemandangan seperti ini terjadi pada Kamis (8/2/2018) di Vihara Tri Maha Dharma, Jalan Kalimati, Kampung Melayu, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Dan budaya pemberian hal tersebut memang kerap dilaksanakan sejak bertahun tahun silam saat peringatan Imlek.

Maka itu membludaknya warga juga bukan tanpa sebab, lantaran menjelang perayaan Imlek kali ini, Klub Distrik 307 A1 menggelar bakti sosial membagi sebako dan angpao kepada warga sekitar.

Antusiasme dialami Nina (45), salah seorang warga Kampung Melayu yang tetap bersemangat dalam kerumunan warga. Nina tidak mengeluh rela berbaris di antrean dari pukul 07:00 wib bersama warga lainnya memegang kupon untuk mendapatkan sembako.

“Saya dapat kupon warna biru dari pengurus Vihara kemarin,” tutur Ibu tiga anak tampak basah kuyup kehujanan saat ditemui wartawan di Vihara Tri Maha Dharma, Kampung Melayu, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2018).

Datang lebih pagi menurut Nina karena ia berharap supaya bisa segera masuk ke dalam Vihara. Dan dapat memperoleh bingkisan serta angpao yang dinanti – nantikannya.

“Yang datang ke sini banyak sekali warganya, yang dipanggil dapat kupon warna merah. Buat kupon warna biru, kata panitia disuruh antre dulu,” ucapnya.

Nyanyo (54) yang juga warga sekitar terlihat sumringah saat keluar dari Vihara tersebut. Perempuan renta ini senyum membawa bingkisan sembako warna merah dan angpao.

“Punya kupon warna merah. Jadi saya sudah dapat duluan,” kata Nyanyo kegirangan.

Adanya kegiatan ini kata Nyanyo cukup membantu bagi warga sekitar. Tak ayal ia juga tak sungkan mengucapkan rasa terima kasih kepada panitia. Dan juga mendoakan untuk kesuksesan bersama.

“Ya butuh juga sumbangan sembako. Dapat bingkisan juga. Semoga berkah,” ungkap penjual ikan di pesisir Kabupaten Tangerang ini.

Di lokasi sama, Dewi Sri Mars Gubernur Distrik 307 A1 mengaku bahwa kegiatan bakti sosial memberikan angpao dan sembako menjadi agenda rutin tiap tahun. Dan ini juga dalam rangkaian menyambut perayaan Imlek.

“Kami mengadakan baksos di tiga Vihara yang ada di Kabupaten Tangerang,” imbuh Dewi.

Ia menyebutkan, tiga tempat tersebut adalah Vihara Tri Maha Dharma, Cetiya Kusala Cetana, dan Tri Maha Ratana. Satu paket bingkisan sembako dan uang yang diamplopkan senilai Rp250 ribu diberikan untuk satu orang yang menerima kupon.

“Bingkisan sembakonya berisikan beras, minyak goreng, kue keranjang, teh, biskuit, dan jeruk. Angpao berisi uang sejumlah Rp250 ribu,” tandas Dewi. (sarinan)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan