Diduga Ikut Aliran Sesat, Polsek Depok Pulangkan 19 Remaja

DEPOK,PenaMerdeka – Polsek Pancoran Mas Depok memulangkan 19 remaja yang diduga mengikuti aliran sesat. Sebelumnya, mereka dibawa untuk dimintai keterangan setelah polisi menerima laporan dari warga di sebuah rumah di Gang Pancoran sering dijadikan tempat perkumpulan aliran sesat itu.

‎Namun, setelah dimintai keterangan polisi tidak menemukan bahwa adanya bukti bahwa ke 19 pemuda itu terlibat aliran sesat sehingga diputuskan mengembalikan mereka kepada keluarga.

Kapolsek Pancoran Mas Kompol Ronny Wowor mengatakan, Pemuda tersebut tidak ditahan oleh pihaknya. Sementara belom diketahui ada bukti mereka dikembalikan.

“Mereka tidak kami tahan, pemuda itu sudah kami kembalikan ke keluarganya masing-masing,” katannya kepada wartawan.

Kapolsek menuturkan, ke 19 remaja tidak ditahan karena penyidik tidak menemukan tindak pelanggaran hukum yang mereka lakukan, termasuk terlibat aliran sesat seperti yang dilaporkan.

Rony menjelaskan, pihaknya menjelaskan sudah mengetahui adanya perkumpulan di rumah kontrakan itu dari warga. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya langsung menindaklanjuti.

Dari pengeledahan, polisi menemukan sejumlah barang klenik dan anggotanya langsung mengamankan 19 orang di dalam rumah itu. Salah satu yang diamankan adalah AM (18).

AM diduga guru perkumpulan itu. Berdasarkan pengakuan AM kepada pihak polisi, dia sudah mempunyai murid sebanyak 18 orang yang rata-rata masih usia muda.

Mereka diketahui baru mengontrak di rumah itu dan membuka praktik pengisian khodam ilmu kebatinan, yaitu dengan menjual jimat berupa batu maupun wapak dengan harga mulai Rp40 ribu hingga Rp200 ribu.

AM dan para remaja itu mengklaim jimat-jimat yang dijualnya mempunyai khasiat pengasihan, wapak serba guna, dan jimat kewibawaan. (ewy/ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan