Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Serahkan e-KTP Kepada Warga Baduy

0 42

LEBAK,PenaMerdeka – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri RI Zuldan Arif Fakrulloh  menyerahkan e-KTP kepada masyarakat adat Baduy di Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Senin (19/2/2018). Dokumen itu berupa kartu keluarga, akta kelahiran, dan akta kematian.

Penyerahan dokumen kependudukan itu setelah Dirjen Dukcapil melakukan perekaman kepada masyarakat adat Baduy.

“Pada prinsipnya pemerintah akan menyelesaikan e-KTP. Jika masih ada yang kurang bagus atau salah kita akan perbaiki,” ungkapnya Zuldan Arif dalam sambutannya usai menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan.

Perekaman ini sudah berlangsung sejak tanggal 12 sampai 19 Februari 2018. Warga yang wajib mempunyai dokumen kependudukan di Baduy mencapai 5.313 dan saat kini sudah melakukan perekaman sebanyak 3.514.

“Sudah 70 persen yang wajib e-KTP, sisanya masih berjalan terus sampai 100 persen,” jelasnya.

Jaro Saija, mewakili masyarakat adat Baduy berharap agar perekaman di baduy bisa berjalan lancar sampai tuntas. Menurutnya, masyarakat sangat membutuhkan kartu identitas untuk berbagai keperluan. Mulai dari pelayanan kesehatan, pendidikan dan pelayanan bank.

Jaro Saija juga memohon supaya masyarakat yang sudah melakukan perekaman pada tahun 2012 diperbaiki lagi. Sebab, terjadi kesalahan dengan pencantuman pada kolom agama.

“Seharusnya kami agama kami Sunda Wiwitan. Namun, tertulis agama Islam,” pinta Saija.

Aacara penyerahan dokumen kependudukan e-KTP ini juga dihadiri oleh Kepala Dukcapil se Banten sampai tingkat kabupaten dan kota. Dihadiri pula perwakilan pemerintah Kabupaten Lebak. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tahun Baru Islam
Loading...