kanal partai gerindra

Program BUMD Agrobisnis, Wow! Penyuluhan Petani Banten Pakai Smartphone

0

BANTEN,PenaMerdeka – Terkait penyelarasan program BUMD Agrobisnis, Gubernur Banten, Wahidin Halim menyatakan akan membekali petani dengan penyuluhan pengembangan kemampuan cocok tanam.

“Nanti petani akan diberikan penyuluhan. Tetapi mereka akan dibekali dengan smartphone untuk pengetahuan bercocok tanam dan penyerapan informasi,” kata Gubernur yang kerap disapa WH, kepada wartawan, Selasa (27/2/2018).

Petani tinggal membuka handphone selulernya saja untuk mendapatkan informasi pertanian. Supaya sejalan, maka program BUMD Agrobisnis memang diakui WH harus ditopang dengan eksistensi petani yang handal.

“Sesekali nanti kita tetap turun untuk memberikan penyuluhan. Tetapi dengan smartphone pun petani bisa melihat informasi tentang keilmuan bercocok tanam,” ucapnya.

Mereka petani yang masih gatek (gagal teknologi) akan diajarkan cara penggunaanya. Karena nantinya, ketika BUMD Agrobisnisnya sudah berjalan tetapi di tingkat petani tidak mengantongi kemampuan bercocok tanam yang bagus maka hasil pertaniannya akan tidak maksimal.

“Sementara ini Raperda program BUMD Agrobisnis sedang di Pansus DPRD Banten. Dalam waktu dekat akan rampung,” ucap WH.

Kata WH lebih jauh menjelaskan, mereka tidak hanya dibekali soal pengetahuan bercocok tanam saja, tetapi informasi harga jual hasil tani, musim tanam, penggunaan bibit dan pupuk yang bagus nanti Pemrov Banten membantunya juga.

Maka itu ketika pertemuan Rakernas APPSI di Bandung kita sudah melakukan pertemuan juga dengan sejumlah kepala daerah termasuk dengan Gubernur DKI Jakarta.

“Kita sudah sempat juga melakukan komunikasi dengan pak Anis Baswedan soal kerjasama pangan,” ucapnya menjelaskan.

Secara wilayah, Banten memang dekat dengan DKI, selama ini juga kebutuhan pangan masyarakat Jakarta lebih banyak dari luar daerah.

Setelah program BUMD Agrobisnis berjalan dan supaya kerjasama antar daerah berlangsung baik maka secara akses distribusi, Pemprov akan mendorong jalur kereta segera terlaksana untuk cakupan Banten dan Provinsi tetangga lainnya.

“Jalur kereta api Stasiun Maja akan dihubungkan dengan Serpong, Tangsel. Program BUMD Agrobisnis saya yakini bisa memberikan kebutuhan pangan Banten dan daerah lain,” tandas Gubernur. (yuyu)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

suscipit eget venenatis, felis libero Curabitur libero fringilla dolor.