kanal partai gerindra

Tambah RTH dan RTB, Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Rp1,95 Triliun

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menambah lagi ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang terbuka biru (RTB) di Ibu Kota. Dana sekitar Rp1,95 triliun sudah disiapkan untuk pembebasan lahan dalam anggaran 2018 tahun ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, bahwa program penambahan RTH dan RTB akan terus diperbanyak. Sebab keberadaannya ini sangat penting sekali di Jakarta.

“RTH dibutuhkan untuk daerah serapan sekaligus penghijauan. Sedangkan RTB untuk bendungan sekaligus menghindari DKI dari krisis air bersih juga,” jelasnya.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Djafar Muchlisin menyatakan, saat ini sudah ada 30,3 juta meter persegi total luas RTH di Jakarta yang dibangun untuk taman, hutan, dan TPU. Setiap tahunnya pembebasan lahan untuk RTH dan RTB ditargetkan mencapai 50 hektare (ha) untuk 15 RTH murni.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022, ditargetkan 50 (ha) tanah dapat dibebaskan untuk pembuatan 15 RTH murni di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan. Untuk pengerjaannya masih menunggu perkembangan koordinasi dengan gubernur.

“Kami sudah siapkan dana Rp1,95 triliun. Pembebasan lahan tergantung juga percepatannya. Kalau enggak di Timur kita bangun di Utara, Barat, dan Selatan, seperti di wilayah Jagakarsa. Kalau di Jakarta Pusat berat (pembebasan lahan),” ujarnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 26/2007 tentang Tata Ruang, mengharuskan ketersediaan 30 persen RTH dari total luas wilayah. Di DKI, implementasinya sudah diatur dalam Perda tentang Tata Ruang dan Zonasi. Dari 30 persen, sebanyak 20 persen RTH dan RTB harus disediakan Pemprov DKI, sedangkan 10 persen tanggung jawab swasta. (deden)

Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Praesent accumsan venenatis leo. ipsum id, Sed mattis