Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Ayah Tunggal Risiko Meninggal Dua Kali Lebih Cepat

JAKARTA,PenaMerdeka – Studi dalam The Lancet Public Health mengungkap ayah tunggal berisiko meninggal dua kali lebih cepat dibandingkan wanita dengan kondisi serupa. Penelitian tersebut dilihat dari usia, gaya hidup, kesehatan dan sosiodemografi selama 11 tahun di Kanada.

“Studi kami tak mengidentifikasi penyebab pastinya. Namun, kami menemukan yang jadi orangtua sendiri cenderung mempunyai gaya hidup tidak sehat sehingga berisiko tinggi alami meninggal dengan cepat,” jelas peneliti dari Institute for Clinical Evaluative Sciences, Kanada, Maria Chiu.

Mengutip dari Time, ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ayah tunggal ini. Salah satunya karna tidak gemar mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, mereka dalam posisi itu memiliki kebiasaan minum-minuman beralkohol sehinga berisiko terserang penyakit kardiovaskular atau kanker sejak awal penelitian.

Hal senada juga diteliti di Swedia yang melibatkan 600 ribu orang tua. Penelitian ini menunjukkan ayah yang menjadi orang tua tunggal akan meninggal lebih cepat namun tidak terlalu berbeda dengan orang tua lainnya.

Selain itu, saat kepala keluarga ini tidak mendapatkan bantuan sosial dan dukungan dalam merawat anak akan berpengaruh pada kesehatan. Mereka juga lebih jarang ke dokter. Agar dapat hidup lebih lama, diperlukan dukungan sosial untuk keberlangsungan hidup.

“Penelitian ini menyoroti bahwa ayah tunggal atau yang sudah ditinggal ibu mempunyai risiko kematian lebih cepat. Sehingga penting sekali bagi masyarakat mendukung mereka,” tambahnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.