Program SMK Negeri 7 Kota Tangerang Ciptakan Generasi Handal

0 391

Kota Tangerang – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Kota Tangerang mempunyai orientasi dan target harus bisa menciptakan SDM untuk generasi handal. Sebelum melepas kelulusan siswa, sekolah yang beralamat di Koang Jaya, Karawaci tersebut jauh hari sudah menjalankan program belajar mengajar.

Sebab, para siswa dan siswi ini nantinya akan kembali kepada orangtua dan masyarakat, yakni harapan mereka bisa menjadi pribadi dewasa dalam berfikir.

“Mudah mudahan mereka mampu bertindak dengan baik dalam menentukan masa depannya. Apalagi ketika melanjutkan ke perguruan tinggi, ataupun ke dalam dunia kerja, SDM yang kompeten harus dicetak disekolah ini,” kata Kepala SMK Negeri 7 Kota Tangerang, Akhmad Jaya kepada wartawan.

Maka dari itu dalam acara pelepasan siswa kata Akhmad Jaya, selain sebagai ajang silaturahmi antar siswa-siswi dan jajaran di SMK Negeri 7, tetapi prosesi ini bisa dijadikan momentum pembelajaran kedewasaan siswa sehingga menjadi generasi handal.

Akhmad Jaya lebih jauh mengatakan, bahwa hasil pembelajaran yang didapat di sekolah mudah-mudahan menghasilkan output lulusan yang berkualitas sehingga dapay berguna juga dalam dunia kerja.

“SMKN 7 Kota Tangerang merupakan sekolah kejuruan dengan konsentrasi program diklat Ekonomi-Manajeman dengan spesifikasi program keahlian perbankan dan pemasaran, untuk kesekian kalinya menyelenggarakan UN. Ini bukan akhir, ini awal dalam mengarungi tantangan hidup sebenarnya,” katanya menjelaskan, Jum’at (13/5)

Mereka harus kompetitif dalam dunia kerja seperti dunia industri sesuai dengan kompetensinya termasuk dari aspek normatif, adaptif ataupun produktif yang telah didapat di sekolah”, tegas Akhmad Jaya.

Sementara Ahmad Sauqi, staf pengajar SMKN 7 Kota Tangerang, berharap agar generasi handal dari lulusan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diberikan ruang kerja yang sesuai dengan konsentrasi pendidikan yang telah ditempuhnya.

“Semoga kedepan, apapun rencana pemerintah pusat tentang kebijakan peralihan bidang Dikmen SMK Negeri dan Swasta yang nantinya akan dikelola Provinsi, mereka (siswa, red) harus tetap diberikan ruang kerja yang sesuai dengan semangat pendidikan. Terlebih bahwa lulusan SMK dituntut untuk siap kerja.”

Dan khusus untuk SMKN 7 Kota Tangerang ia berpendapat, harus lebih maksimal membuka akses kepada intansi terkait sesuai dengan kejuruan yang dimiliki sekolah tersebut. Artinya bank-bank di Kota Tangerang untuk lulusannya ke depan dan juga pemerintah Kota Tangerang dan Provinsi Banten selaku kebijakan publik, juga ikut serta menciptakan generasi handal dengan mengawal lulusannya di dunia kerja secara maksimal dan berkesinambungan” tegas Achmad Sauqi.

Seperti diketahui, SMKN 7 Kota Tangerang dikabarkan baru saja menggelar pelepasan siswa kelas XII angkatan ke-5 periode 2015-2016. Acara yang yang berlangsung di kawasan Kampung Legok, Bandung, Jawa Barat tersebut mengusung tema “Langkah Awal Menuju Kesuksesan” dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 10 Mei 2016. (aceng)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...