kanal partai gerindra

Digadang Jadi Cawapres 2019, JK: Anies Harus Konsen Urus Jakarta Dahulu

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Jusuf Kalla (JK), Wakil Presiden RI, mengatakan, ketika nama Anies Baswedan dikaitkan dengan isu pemilihan Wakil Presiden di pemilu nanti, ia harus konsentrasi untuk DKI Jakarta ketimbang digadang gadang jadi Cawapres 2019 mendatang.

“Semuanya bisa terjadi. Tetapi kalau sekarang harus lebih fokus dahulu untuk DKI Jakarta. Sekarang kan masih Gubernur DKI,” kata JK yang saat itu didampingi Anis Baswedan dalam gelaran jalan santai Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dari Tugu Monas hingga Bunderan HI, Minggu (25/3/2018).

Beberapa bulan terakhir ini seperti diketahui soal Capres dan Cawapres 2019 sudah gencar digemborkan media baik lewat pemberitaan hasil survey maupun komentar dari pakar politik.

Wakil Presiden setibanya di titik finish acara jalan santai di Bundaran HI, Jakarta, memang langsung ditanya wartawan seputar peluang Anies menjadi cawapres di pemilu mendatang.

Sebagai tokoh partai dalam kesempatan itu, kata JK soal pencalonan Capres dan Cawapres adalah kewenangan partai.

“Yang merekomendasikan Capres dan Cawapres 2019 adalah partai. Yang ajukan pengusungan adalah calon partai-partai. Nggak, nggak (akan merekomendasikan),” ucapnya.

Sebelumnya Lembaga Political Communication Institute (Polcomm Institute) dalam survei Capres untuk Prabowo Subianto, Anies Baswedan menempati urutan ke 5 sebagai Cawapres Ketum Partai Gerindra tersebut.

Kendati Prabowo Subianto sendiri belum menyatakan akan mencalonkan sebagai calon RI 1, tetapi menurut Heri Budianto, Direktur Polcomm Institute dalam jumpa pers di Cikini, Jakarta, Minggu (25/3/2018), sebanyak 21,83 persen responden memilih mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo layak mendampingi Prabowo pada Pilpres 2019.

Nama Gatot Nurmantyo, kata Heri Budiyanto merupakan angka tertinggi dalam survei sebagai Cawapres mendampingi Prabowo.

Posisi kedua ditempati Ketua MPR Zulkifli Hasan. Zulkifli yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dipilih 18,50 persen responden.

Kemudian, di posisi ketiga ditempati Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Putra Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono itu dipilih 15, 50 persen responden sebagai Cawapres 2019 untuk Capres Prabowo Subianto. (uki/dbs)

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

id vel, Nullam amet, elit. consectetur