Media Inggris Soroti Upah Produk Kostum Tim Three Lions Buatan Indonesia

Kostum tim sepakbola Inggris buatan anak bangsa Indonesia yang akan dikenakan Wayne Rooney Cs di perhelatan Piala Eropa 2016 mendatang disorot sejumlah media Inggris.

Kostum produk berlogo Nike dikabarkan dibuatkan di Indonesia, tetapi dalam beberapa hari terakhir ini menjadi sorotan lantaran antara upah produk para pekerja dan penjualan jersey tim berjuluk Three Lions tersebut tidak sebanding dengan harga dipasaran.

Hasil investigasi The Suns dan Daily Mail, harga jersey itu dibandrol 60 Pound atau sekitar Rp1,1 juta perlembar. Untuk satu set jersey (kaus, celana dan kaus kaki), dibanderol dengan harga 101 Pound atau sekitar Rp1,9 juta.

Sementara upah pekerja di PT Grand Best Indonesia yang memproduksi jersey Timnas Inggris adalah sebesar 165 Pound atau setara Rp3,1 juta per bulan.

Adapun satu set jersey dalam ukuran anak-anak dibanderol dengan harga Rp1,6 juta (sekitar 84 Pound).

Media Inggris Ribut Soal Jersey Rooney Cs Buatan Indonesia
Daily Mail menyebut harga untuk satu lembar jersey timnas Inggris terlalu mahal. Harga yang dijual secara resmi bisa melejit empat kali lipat dari ongkos produksi jersey itu sendiri.

“Ratusan pekerja Indonesia yang menjahit jersey itu dibayar begitu murah untuk sebuah kostum yang dipakai kapten Inggris, Wayne Rooney. (Ongkos pekerja Indonesia per bulan -red) kurang dari gaji Rooney sepuluh menit bermain,” demikian laporan The Suns, dikutip Senin (6/6).

Salah seorang pekerja di PT Grand Best Indonesia, Karina, menyebut upah yang dia terima per bulan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

“Di Indonesia, dengan uang sejumlah itu Anda bisa membeli laptop, televisi atau sepeda untuk anak Anda pergi ke sekolah,” tandasnya. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan