Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Diminta Warga Kota Tangerang Beberkan Soal Sukses Rumah Tangga, Ini Resep SBY

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mantan Presiden RI ke 6 dalam safari politik ke Kota Tangerang membeberkan rahasia dan resep perkawinan yang bisa rukun sepanjang melakoni biduk rumah tangga.

“Kalau ditanya resep atau rahasia supaya harmonis saya rasa yang lain (keluarga yang lain, red) juga harmonis. Ada rahasia atau resep yang harus dijalani. Yang pertama love atau saling mencintai,” kata Ketum Partai Demokrat menjawab pertanyaan Ratih seorang peserta yang hadir saat acara Ngerik (ngeriung asyik) di Rumah Makan Jaga Rawa, Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (23/4/2018).

SBY yang hadir ba’da Isya didampingi istri tercinta Ani Yudhoyono menyebut bahwa ketika saling mencintai tidak ada yang kuat atau merasa paling tinggi dalam menjalani rumah tangga.

“Perasaan cinta harus dijaga, harus dipupuk supaya keluarga ini terus saling mencintai satu sama lain,” tuturnya.

Berumah tangga pasti menemui cekcok atau salah paham. Dan itu kerap dijumpai, tetapi yang pasti konsep ringan sama dijinjing berat sama dipikul merupakan resep jitu yang harus dijalani.

“Yang ke dua adalah sharing. Jadi kita harus saling berbagi tukar pikiran,” ungkap SBY.

Dalam menentukan dan mengambil keputusan harus saling mengisi secara bersama. Jangan mengedepankan sikap otoriter. Nantinya tidak bagus jika seperti itu, sebab tidak baik juga kalau mengambil peranan dominan dalam rumah tangga.

Dia menuturkan, jangan sampai suami harus mengalah terus menerus. Atau juga sebaliknya sang istri yang harus mengalah terus menerus. Ini juga tidak baik.

“Kalau otoriter tidak bagus, karena semua keputusan harus ditangani sendiri. Ada kalanya kita mengalah dan tidak. Bu Ani kadang mengalah,” ucapnya disambut antusias applaus peserta.

SBY yang juga ditemani Gubernur Banten Wahidin Halim, iti Octavia Jayabaya selaku Ketua DPD Demokrat Banten serta Bayhaki Ketua DPC Partai Demokrat Kota Tangerang kembali menerangkan, hal penting lain untuk menjaga biduk rumah tangga harmonis adalah care.

Kombinasi love, share dan care merupakan siasat penting dalam berumah tangga. Ke tiga unsur ini penting supaya keluarga tentram.

“Resep yang paling mujarab dalam mengelola rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah ada di tiga aspek itu,” ucapnya.

Kata SBY saat menjadi Presiden RI menceritakan, suatu ketika dalam acara penghargaan bagi para tauladan termasuk keluarga tauladan sakinah ada cerita dalam kesempatan kegiatan tersebut yakni perbincangan antara Bu Ani Yudhoyono dengan istri Wapres Budiyono.

“Apa kriteria keluarga yang tauladan. Mungkin tidak pernah berantem atau terlibat cekcok mulut,” katanya menirukan percakapan antara Ani Yudhoyono dan Istri Wapres Budiyono saat itu.

Artinya menurut SBY, dalam keluarga pasti menemui kendala salah paham pendapat. Tapi yang penting harus diimbangi menjaga diri, berdoa meminta kepada yang kuasa agar tetap menjadi keluarga harmonis.

“Mudah-mudahan jawaban saya bisa dipakai oleh mba Ratih dan lainnya. Ini merupakan kunci harmonisasi saya dengan Bu Ani dan keluarga,” pungkas SBY. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan