Tiga Hari Kedepan BMKG Prediksi Wilayah Banten Akan Terjadi Hujan Lebat

Dari rilis yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Provinsi Banten masuk catatan potensi hujan lebat. Menurut BMKB, masyarakat harus waspada, pasalnya kondisi itu diprediksi terjadi pada 17-20 Juni 2016.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S. Swarinoto, Jumat (17/6), dari tinjauan kondisi atmosfer terlihat beberapa indikasi yang menunjukkan munculnya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia.

Indikasi itu yakni kondisi masih hangatnya suhu muka laut di atas normal perairan Indonesia barat, masuknya aliran massa udara basah dari Samudera India di maritim kontinen Indonesia serta lemahnya aliran massa udara dingin Autralia di wilayah Indonesia.

“Selain itu dengan adanya daerah perlambatan, pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil sehingga meningkatkan potensi petir dan angin kencang,” kata Yunus.

Karenanya BMKB mencatat sejumlah daerah yang terkena perubahan cuaca intensitas hujan lebat diantaranya :

– Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung;
– DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur;
– Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara;
– Maluku dan Papua.

Untuk itu masyarakat dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan pada potensi bencana yang dapat ditimbulkan, seperti: banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan dan pohon tumbang.

Bagi operator jasa transportasi laut juga dapat mewaspadai potensi hujan lebat dan gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan selatan Sumatera, Jawa hingga Bali-NTT.

Sementara bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui:

– call center 0216546315/18;
– ;
– follow @infobmkg;
– atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (ida)

Disarankan
Click To Comments