Segernya Es Pisang Ijo untuk Menu Takjil Buka Puasa

JAKARTA,PenaMerdeka – Es Pisang Ijo menjadi salah satu takjil favorit yang banyak diburu sebagai santapan berbuka puasa. Minuman khas Makassar ini terbuat dari pisang yang diselimuti adonan hijau dan dikukus lalu disajikan bersama bubur tepung, sirup merah, dan es batu.

Rasanya yang segar, membuat minuman ini dapat mengatasi dahaga setelah seharian berpuasa. Supaya berbuka puasa Anda semakin spesial, yuk buat resepnya pun sangat mudah.

Berikut resep membuat es pisang ijo yang sudah dirangkum oleh PenaMerdeka.com untuk menu santap berbuka puasa Anda bersama keluarga:

Bahan-bahan:

2 buah pisang raja matang yang sudah dikukus
200 gr tepung beras
2 sdt tepung kanji
700 ml santan
50 gr gula pasir
Pewarna makanan hijau
Daun pisang untuk membungkus

Bubur sumsum:

200 ml santan
100 gr tepung beras
2 sdt garam

Bahan pelengkap:

3 sdm sirup cocopandan
5 sdm susu kental manis putih
Es batu secukupnya

Proses pembuatan:

Pertama-tama Anda masukkan santan, tepung beras, tepung kanji, gula pasir dan pewarna makanan ke dalam panci anti lengket. Setelah itu didihkan sambil terus diaduk sampai mengental.

Ambil daun pisang setelah itu bentangkan. Tuang 2 sendok adonan, letakkan buah melengkung ini utuh ditengah lalu gulung dan bungkus dengan daunnya. Kukus sampai matang, angkat dan sisihkan.

Panaskan santan, masukkan tepung beras serta garam. Setelah itu Anda aduk hingga mendidih dan mengental. Sisihkan.

Proses terakhir, Anda siapkan mangkuk atau gelas saji. Masukkan es batu, potongan hidangan, bubur sumsum, sirup, dan susu kental manis. Es pisang ijo siap disajikan untuk menu takjil buka puasa bersama keluarga Anda. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah