Jaga Kesopanan, Ini Aturan Saat Kunjungi Kuil di Thailand

JAKARTA,PenaMerdeka – Thailand adalah negeri seribu kuil, dimana banyak masyarakat Thailand yang menganut agama Buddha aliran Theravada. Orang di negeri Gajah Putih juga dikenal sebagai penganut agama yang taat. Sehingga keberadaan kuil di Thailand sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk beribadah.

Menariknya, sebagian besar kuil yang ada di sana juga dibuka untuk wisatawan. Thailand masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Indonesia.

Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, perbandingan harga disana juga tidak membuat kantung terkejut. Tak hanya jalan dan belanja, ada banyak atraksi menarik yang bisa dikunjungi. Di Bangkok saja, selain Istana milik kerajaan, ada banyak kuil Thailand kuno yang sering dikunjungi wisatawan.

Meski bebas untuk berkunjung, ada beberapa aturan yang harus diikuti agar diizinkan untuk berkunjung.

Enaknya berlibur di Thailand, bagi pemegang paspor Indonesia akan mendapat pembebasan visa selama 30 hari bila datang dengan pesawat terbang.

Jadi tidak perlu membayar visa dan ada banyak maskapai yang terbang ke Thailand dari Indonesia. Bila ingin langsung merasakan atmosfir Thailand selama perjalanan ada baiknya menumpang pesawat nasional Thailand, Thai Airways..

Sebagai tempat wisata, tidak heran kalau kita ingin masuk kuil juga diterapkan tarif masuk. Tarifnya berbeda antara kuil yang satu dengan yang lain. Biasanya berkisar dari 50 – 100 Baht. untuk membeli tiket masuknya.

Bila tertarik mengunjungi kuil-kuil di Thailand, berikut aturan yang harus dipatuhi :

1. Kenakan Busana yang Sopan

Karena juga merupakan tempat ibadah, sebaiknya menghormati masyarakat Thailand yang beribadah dengan mengenakan busana yang sopan.

Tapi bila terlanjur memakai baju santai dan sedikit terbuka, tidak perlu khawatir, biasanya pengelola kuil menyediakan baju atau jubah yang bisa dipinjam agar pengunjung tetap bisa masuk ke kuil. Jangan lupa untuk mengembalikan pakaian yang dipinjamkan setelah selesai berkeliling.

2. Jaga Kesopanan

Sopan santun dan keramahan sudah menjadi ciri orang Indonesia di mata dunia. Hargai mereka yang sedang berdoa dan tunjukkan kalau orang Indonesia itu terbiasa ikut aturan. Ikuti juga aturan ketika masuk kuil di Thailand seperti melepas sepatu, sandal dan topi di tempat-tempat tertentu, seperti saat mengunjungi patung Buddha di Wat Pho.

3. Jangan Ganggu Orang Beribadah

Saat berkunjung, hormati mereka yang sedang beribadah. Sebaiknya tidak memotret sembarangan, berisik atau mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas. Pastikan kehadiranmu tidak mengganggu mereka yang sedang berdoa.

4. Jaga Diri, Jangan Kebanyakan Atraksi

Terkadang hasrat swafoto bisa bikin orang lupa diri, melabrak aturan yang sudah ada cuma demi sensasi. Tapi sebaiknya jaga harga diri dan nama Indonesia dengan menjadi wisatawan yang baik ketika berwisata di kuil kuil Thailand.

Taati peraturan dan jauhi larangan-larangan, seperti menaiki bangunan kuil atau duduk-duduk di tempat tertentu.

Nah, sekarang sudah tahu aturan saat berkunjung ke kuil-kuil di Thailand, kan? Jangan lupa untuk menaatinya agar liburan di negeri gajah putih itu berjalan lancar, menyenangkan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner Thailand langsung selama berada disana, yang kepopulerannya sudah sampai ke Indonesia.

Yuk, segera berburu tiket Thai Airways sekarang juga mumpung musim liburan akan segera tiba! (redaksi PM)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah